Friska Womsiwor: Selagi Rumput Masih Hijau, Saya Tetap Bermain

By Minggu, 16 Juli 2017 | 12:23 WIB
Pemain muda Persipura Jayapura, Friska Womsiwor, menjalani sesi wawancara dengan JUARA, Jumat (7/7/2017).
FERRIL DENNYS/KOMPAS.COM
Pemain muda Persipura Jayapura, Friska Womsiwor, menjalani sesi wawancara dengan JUARA, Jumat (7/7/2017).

Bagi setiap anak Papua, membela Persipura Jayapura adalah salah satu pencapaian tertinggi dalam karier sepak bola. Titik ini yang sudah dicapai oleh anak muda bernama Friska Elisa Womsiwor.

Penulis: CW-1/Andrew Sihombing

Perjuangan Friska dimulai di sebuah distrik di Papua Barat, yakni distrik Ransiki. Diawali dengan bermain bola dengan kaki telanjang dan lapangan berlumpur. Pemberian sang paman yang seperti membuatnya kian yakin menekuni bal-balan.

"Paman saya juga pemain bola, posisinya di sayap kanan. Ketika dia pulang dari Palembang, dia memberikan saya sepatu bola dan mengajak saya ke lapangan untuk berlatih," tutur Friska.

Mulanya, ia bukan penyerang sayap seperti dikenal sekarang. Friska kecil dulunya berposisi sebagai libero. "Kemudian saya dijadikan gelandang saat tampil di Liga Pendidikan," tuturnya.

Dari sana Friska mendapatkan kesempatan masuk ke dunia profesional. Ia sempat dipanggil Perseman dan ikut latihan di klub asal Manokwari tersebut. Tapi, Friska tak sempat bermain karena Perseman mengalami dualisme.

Friska lantas bergabung dengan Persewon Wondama. Di sana Friska hanya bermain satu musim pada 2014 di Divisi Utama. Selepas dari Persiwon, Friska pun ditantang untuk melangkah lebih jauh.

Alex Robinson, eks Persela yang sudah kenal Friska sejak di Papua, menantang Friska untuk mengembara ke Pulau Jawa. Friska menyambut tantangan itu dan pergi ke ibu kota.

Sesampainya di Jakarta, Friska lantas menuju Tangerang. Di sana ia ditampung oleh Alex beserta pemain-pemain Liberia lainnya, seperti Erick Weeks, Stephan Mennoch, dan Roberto Kwateh.

Berkat bantuan pemain yang disebut terakhir, Friska dikenalkan dengan manajemen PSCS Cilacap dan diberi kesempatan mengikuti seleksi.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.