Jepang Tawarkan Bantuan kepada Indonesia Jelang Olimpiade Tokyo 2020

By Delia Mustikasari - Sabtu, 25 Februari 2017 | 21:45 WIB
Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto (kedua dari kanan) berpose dengan perwakilan Jepang seusai konferensi pers penawaran bantuan menjelang Olimpiade Tokyo 2020 di DBL Arena, Surabaya, Sabtu (25/2/2017).
BADMINTON INDONESIA
Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto (kedua dari kanan) berpose dengan perwakilan Jepang seusai konferensi pers penawaran bantuan menjelang Olimpiade Tokyo 2020 di DBL Arena, Surabaya, Sabtu (25/2/2017).

Tim bulu tangkis Indonesia kembali menerima tawaran dari Akita Prefecture (Jepang) terkait penyediaan fasilitas latihan selama persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

Yokote merupakan kota di Akita yang berjarak satu jam perjalanan udara dari Tokyo. Tawaran tak hanya diberikan kepada tim bulu tangkis saja, tetapi terbuka untuk cabang olahraga lain.

"Kami belum ada perjanjian dengan PBSI. Jadi, sementara kami menawarkan penerbangan pulang pergi. Meski begitu, kami sudah mempersiapkan fasilitas yang saat ini sudah diperbaiki," kata Walikota Yokote, Takahashi Dai, disela penyelenggaraan Djarum Superliga 2017 di DBL Arena, Surabaya, Sabtu (25/2/2017).

"Nanti saat sudah ada perjanjian resmi, kami akan siapkan semua. Tinggal disebutkan saja berapa jumlah pemain, ofisial, dan pendukung dari tim bulu tangkis Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020," ucap Dai.

Sementara itu, Achmad Budiharto selalu Sekretaris Jenderal PP PBSI menyambut baik tawaran dari Akita Prefecture. Namun, PBSI belum dapat memberikan jawaban atas tawaran ini.

"Beberapa provinsi di Jepang memang sudah datang memberikan penawaran seperti ini kepada kami, salah satunya adalah Akita yang konsisten. Kami belum memutuskan karena ada beberapa pertimbangan yang perlu didiskusikan lebih dulu," ujar Budiharto.

"Perwakilan PBSI akan berangkat ke Akita untuk orientasi pada September. Tujuannya, untuk mengetahui apakah sarana di sana memadai untuk persiapan tim Olimpiade. Kami berterima kasih dan berbangga hati bahwa Akita Prefecture sudah memberi penawaran ini kepada PBSI," tutur Budiharto.

Menurut Budiharto, PBSI akan menilai tempat persiapan Olimpiade di Jepang mulai dari segi sarana, prasarana latihan teknik, fisik, kondisi cuaca, kemudahan jangkauan lokasi, serta menu makanan.

"Kami banyak mengambil pengalaman dari bulu tangkis Indonesia. Jadi, sekarang saatnya kami memberi sesuatu. Kami berterima kasih dengan tim Indonesia yang sudah menjalin hubungan baik dengan kami melalui bidang bulu tangkis," ucap Saito Eikichi, CEO Hokuto Bank yang juga merangkap sebagai ketua pengurus daerah bulutangkis Akita

Saito mengatakan bahwa kerjasama ini tidak hanya terbatas di bulu tangkis, tetapi juga merambah bidang lain seperti ekonomi dan pariwisata.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : badmintonindonesia.org


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.