Richard Mainaky dan Trauma Olimpiade

By Delia Mustikasari - Jumat, 26 Agustus 2016 | 18:52 WIB
Pelatih nasional ganda campuran, Richard Mainaky, sedang berbicara saat konferensi peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, Rabu (24/8/2016).
BADMINTON INDONESIA
Pelatih nasional ganda campuran, Richard Mainaky, sedang berbicara saat konferensi peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Pelatih kepala ganda campuran nasional, Richard Mainaky, mengaku memiliki trauma saat Olimpiade. Alasannya, sudah dua kali sektor ganda campuran kehilangan peluang meraih medali emas Olimpiade.

Pada Olimpiade Sydney 2000, Tri Kusharjanto/Minarti Timur harus puas dengan medali perak setelah dikalahkan pasangan China, Zhang Jun/Gao Ling.

Selanjutnya, pada Olimpiade Beijing 2008, Nova Widianto/Liliyana harus menjadi runner-up seusai ditundukkan Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung (Korea Selatan).

"Pada Olimpiade 2000, sebenarnya kita berpeluang juara. Namun, banyak pengurus yang jemawa," kata Richard di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Saat Owi/Butet (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir) bisa mengalahkan musuh bebuyutan, Zhang Nan/Zhao Yunlei (China), saya katakan kepada jajaran pengurus agar jangan jemawa dan takabur. Lebih baik perkuat dengan doa karena saya trauma," tutur Richard.

Sikap ini ditunjukkan saat Tontowi/Liliyana menang di final Olimpiade Rio 2016.

Tontowi/Liliyana menang atas Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), 21-14, 21-12, pada laga yang berlangsung di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (17/8/2016) dan berhak atas medali emas.

Setelah Tontowi/Liliyana memastikan meriah medali emas, Richard yang berada di sudut lapangan masih terdiam di atas kursi. Padahal, Tontowi sudah memanggilnya untuk masuk ke lapangan.

"Saat itu, saya hanya bersyukur, sehingga tidak melihat Owi memanggil saya. Tiba-tiba Butet sudah nemplok ke saya, jadi saya tidak sempat berdiri dari atas kursi. Saya justru merasa lebih tegang saat semifinal," ucap Richard.


Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menghampiri pelatihnya, Richard Mainaky, sesaat setelah mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) 21-14, 21-12, pada laga final Olimpiade Rio 2016, yang berlangsung di Riocentro-Pavilion 4, Rabu (17/8/2016).(BEN STANSAL/AFP)


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.