Bulu Tangkis Indonesia Loloskan Enam Wakil ke Olimpiade Rio 2016

By Delia Mustikasari - Rabu, 4 Mei 2016 | 20:29 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose jelang Kejuaraan Asia di pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jakarta, Rabu (20/4/2016).
RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.COM
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose jelang Kejuaraan Asia di pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Cabang olahraga bulu tangkis Indonesia meloloskan enam wakil dari lima nomor ke Olimpiade Rio 2016 yang akan digelar pada 5-21 Agustus.

Enam wakil tersebut berasal dari nomor tunggal putra (1 orang), tunggal putri (1 orang), ganda putri (1 pasangan), ganda putra (1 pasangan), dan ganda campuran (2 pasangan).

"Jumlah ini mengalami sedikit peningkatkan dibanding Olimpiade London 2012. Daftar resmi peringkat terbaru akan dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) besok, Kamis (5/5/2016)," kata Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI Bambang Roedyanto saat dihubungi JUARA, Rabu (5/4/2016).

Perhitungan tersebut dilihat dari hasil Kejuaraan Asia dan Eropa yang berlangsung pada 26 April-1 Mei.

Pada Olimpiade London 2012, Indonesia mengirimkan lima wakilnya dari empat nomor, yakni tunggal putra (2 orang), ganda putra (1 pasangan), ganda putri (1 pasangan), dan ganda campuran (1 pasangan).


Kepala Sub Bidang Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto, tengah memberikan penjelasan tentang penghitungan poin menuju Olimpiade di Pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jakarta, Rabu (3/3/2016).(BADMINTON INDONESIA)

"Untuk nomor tunggal putri, Indonesia mendapat kuota 1 orang karena menempatkan dua wakil (Maria Febe Kusumastuti dan Linda Wenifanetri) pada peringkat 16 besar race to Rio. Namun, siapa yang akan berangkat ke Rio harus dilihat dari beberapa aspek," kata Roedy.

Menurut Roedy, syarat yang harus dipenuhi dilihat dari catatan rekor pertemuan masing-masing pemain dengan pebulu tangkis peringkat 10 besar dunia.

"Jika catatan rekor pertemuannya sama, keduanya (Febe dan Linda) akan diadu dalam tiga laga di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta. Siapa yang meraih dua kemenangan lebih dulu, dia yang akan berangkat ke Olimpiade," tutur Roedy.


Pasangan ganda putri Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari (kanan)/Greysia Polii, berpose di kawasan pelatnas bulu tangkis nasional di Cipayung, Jumat (26/2/2016).(RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.COM)


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X