TOPIK TERPOPULER
Gelandang Manchester United, Ander Herrera, saat tampil melawan Chelsea dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion Stamford Bridge, London, pada 23 Oktober 2016.
SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES
Gelandang Manchester United, Ander Herrera, saat tampil melawan Chelsea dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion Stamford Bridge, London, pada 23 Oktober 2016.

Ander Herrera, Reinkarnasi Roy Keane

JUARA.net - Sempat dipertimbangkan untuk dijual karena kurang sukses pada dua musim pertamanya di Manchester United, Ander Herrera kini menjadi sosok paling penting di balik kebangkitan United era Jose Mourinho.

Penulis: Hizrian Maladzan*

Datang ke Old Trafford pada tahun 2014 dengan nominal transfer 36 juta euro, Herrera disebut Paul Scholes sebagai rekrutan terbaik Manchester United di antara pemain-pemain seperti Angel Di Maria, Daley Blind, Marcos Rojo, dan Luke Shaw yang juga digaet pada bursa transfer musim panas kala itu.

Kedatangan bekas pemain Athletic Bilbao tersebut membawa sebuah harapan tersendiri pada kubu United. Ketika itu Setan Merah tidak punya sosok gelandang yang mampu mengatur alur permainan.

Tom Cleverley, Anderson, dan Marouane Fellaini dikategorikan gagal saat mengemban tugas tersebut. Di laga debutnya melawan LA Galaxy, Herrera langsung bermain penuh 90 menit dan membawa Man United menang 7-0.

Namun, kisah manis di awal itu tidak berlanjut di Premier League. Ia kesulitan beradaptasi dengan gaya keras Premier League.

Posisi tak menentu di bawah pelatih Louis van Gaal juga memastikan dua musim pertamanya di United tidak dilewati dengan menyenangkan.

Kedatangan Mourinho yang menggantikan Van Gaal sempat menghadirkan kekhawatiran akan status Herrera di United.

Bersama Juan Mata, Herrera seperti bukan tipe pemain yang cocok dengan taktik Mourinho, yang lebih mengandalkan duel fisik dan serangan balik.

Gelandang tim nasional Spanyol, Ander Herrera (tengah) berlatih di Stadion Wembley, pada 14 November 2016 atau sehari jelang laga persahabatan kontra Inggris.
Gelandang tim nasional Spanyol, Ander Herrera (tengah) berlatih di Stadion Wembley, pada 14 November 2016 atau sehari jelang laga persahabatan kontra Inggris.
OLLY GREENWOOD / AFP

Rumor pun merebak bahwa ia akan menjadi salah satu pemain yang dilepas United. Ditambah lagi dengan kehadiran Paul Pogba, yang berposisi mirip dengan dirinya.

Alih-alih hengkang dari United, Herrera malah menjadi bagian vital dari skuat Mourinho. Dari 20 pertandingan Man United di Premier League, pemain kelahiran Bilbao ini sudah tampil sebanyak 17 kali, hanya kalah dari David De Gea, Zlatan Ibrahimovic, dan Pogba.

Di bawah Mourinho, Herrera berkembang pesat sebagai seorang pemain. Kegigihannya begitu terlihat setiap kali ia bermain.

Layaknya N'Golo Kante di Leicester City musim lalu, Herrera menjelma menjadi salah satu gelandang yang selalu diperhitungkan kehadirannya oleh lawan.

Musim ini Herrera mempunyai cegatan bola terbanyak dengan jumlah 55. Ia pun mengoleksi sapuan bola terbanyak di United dan hanya kalah jumlah duel di udara dari Fellaini dan Pogba.

Jangan heran bila banyak yang menyebut bekas pemain timnas Spanyol U-21 ini bagai Roy Keane baru di lini tengah United.

Peran Mourinho

Herrera menyebut Mourinho sebagai sosok utama di balik peningkatan pesat tersebut.

“Mourinho ingin menjadi yang terbaik dan ia ingin kami menjadi yang terbaik,” sebut Herrera kepada Premier League TV.

“Ia tahu bagaimana cara memperlakukan pemain, kapan harus menekan Anda dan kapan harus bersantai. Ia telah memberi saya peran baru, kalian telah lihat itu. Saya lebih defensif. Sekarang saya lebih terorganisasi saat bertahan, ketika kami kehilangan bola. Walau begitu, terkadang ia juga memainkan saya lebih ke depan dan saya meningkat karena ia telah melakukan segalanya untuk menolong dan mengajari saya,” ujar Herrera lagi.

Selaras dengan pujian Herrera terhadap sang pelatih, Mourinho pun memuji balik sang gelandang tengah.

“Saya pikir hal terpenting bagi seorang pemain adalah pelatih serta fans, dan dia memiliki dukungan dari dua sisi tersebut. Dia tahu dirinya sedang menikmati musim yang fenomenal. Karena itulah dia bermain bersama tim utama dan menjalani debut bersama timnas Spanyol,” ucap Mourinho kepada MUTV.

DATA DIRI

Nama: Ander Herrera Aguera

Lahir: 14 Agustus 1989/Bilbao, Spanyol

Postur: 182 cm

Kebangsaan: Spanyol

Karier Junior

  • 2004-2008 Real Zaragoza

Karier Senior

  • 2008-2009 Real Zaragoza B 10/2
  • 2009-2011 Real Zaragoza 82/6
  • 2011-2014 Athletic Bilbao 94/7
  • 2014-... Manchester United 70/9

Karier Timnas

  • 2009-2011 Spanyol U-21 15/4
  • 2012 Spanyol U-23 5/0
  • 2016 Spanyol 1/0

  • Penulis: Tabloid Bola
  • Editor: Beri Bagja
  • Sumber: Tabloid BOLA No. 2.733
TOPIK :

Komentar