Wonder Woman dalam Olahraga

By Jumat, 2 Juni 2017 | 11:01 WIB
Kiri-kanan: Anky van Grunsven, Billie Jean King, Danica Patrick, dan Ronda Rousey.
GETTY IMAGES
Kiri-kanan: Anky van Grunsven, Billie Jean King, Danica Patrick, dan Ronda Rousey.

Film Wonder Woman akan dirilis secara global mulai 2 Juni. Di Indonesia, jadwalnya lebih cepat yaitu 31 Mei.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Wonder Woman adalah tokoh superhero rekaan DC Comics. Dulu, superhero yang bernama asli Putri Diana dari Themyscira ini diciptakan memakai inspirasi gerakan feminisme.

Gerakan itu menginginkan ada persamaan hak dan kesempatan yang didapatkan wanita seperti halnya pria.

Wonder Woman alias Diana Prince digambarkan memiliki kekuatan dan kemampuan bertarung yang jauh melebihi pria pada umumnya.

Tokoh superhero DC populer lainnya, Batman, sampai pernah mengakui bahwa Wonder Woman adalah melee fighter alias petarung jarak dekat yang lebih kuat daripada dirinya.

Wonder Woman ternyata juga eksis di dunia nyata, terutama di dunia olahraga. Ada banyak kejadian di mana atlet wanita mampu berkompetisi, bahkan kemudian mengungguli atlet pria.

Memperingati Hari Wonder Woman yang dicanangkan DC Comics jatuh pada 3 Juni, inilah para Wonder Woman dalam olahraga tersebut. 


Mantan petenis wanita, Billie Jean King, menghadiri konfrensi pers dalam ajang amal World TeamTennis Smash Hits Di The Colosseum at Caesars Palace, Las Vegas, (10/10/2016). Nantinya, dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada yayasan Elton John AIDS Foundation.(ETHAN MILLER/GETTY IMAGES)

Billie Jean King

Billie Jean King adalah mantan petenis wanita nomor satu dunia asal Amerika Serikat. King memenangi 39 titel Grand Slam. King juga merupakan salah satu atlet pionir yang memperjuangkan keadilan gender.

Salah satu momen yang membuat King layak disebut sebagai Wonder Woman adalah Battle of Sexes pada 20 September 1973 di Houston, Texas.

King mengalahkan Bobby Riggs, mantan petenis pria nomor satu dunia. Riggs merendahkan atlet wanita. Riggs bahkan menyebut dirinya yang saat itu sudah berusia 55 tahun masih mampu mengalahkan petenis wanita paling top.

Ditonton 30.492 orang plus 50 juta lainnya lewat layar televisi, King menang 6-4, 6-3, 6-3! "Kita akan mundur 50 tahun jika saya tidak menang. Kalau saya kalah, tenis wanita akan hancur dan memengaruhi kepercayaan diri semua wanita," kata King ketika itu.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.772


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.