TOPIK TERPOPULER
Gelandang bertahan Real Madrid, Casemiro (kiri), mengawasi ketat pergerakan bintang FC Barcelona, Lionel Messi, dalam laga el clasico di Camp Nou, Barcelona, 2 April 2016.
PAU BARRENA / AFP
Gelandang bertahan Real Madrid, Casemiro (kiri), mengawasi ketat pergerakan bintang FC Barcelona, Lionel Messi, dalam laga el clasico di Camp Nou, Barcelona, 2 April 2016.

Opini JUARA, Skor El Clasico Diprediksi Beda Tipis

JUARA.net - Penggemar FC Barcelona dan Real Madrid di Indonesia sama-sama memprediksi tim unggulan mereka akan menang dengan selisih tidak lebih dari satu gol dalam pertemuan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016).

Kedua tim sedang bersaing di papan atas La Liga. Untuk sementara, Real Madrid unggul di puncak klasemen dengan 33 poin. Adapun FC Barcelona menguntit di peringkat kedua dengan 27 poin.

Satria Juliarto, anggota FC Barcelona Indonesia Fans Club (IndoBarca), dan Ben Pratama dari komunitas Pena Real Madrid Indonesia (PRMI), punya pendapat berbeda tentang penampilan tim favorit mereka belakangan ini.

IndoBarca merupakan komunitas yang berdiri pada 2009 dan mendapat lisensi resmi sebagai komunitas penggemar FC Barcelona pada awal 2014.

Adapun PRMI adalah komunitas penggemar Real Madrid yang berdiri sejak awal 2007.

Namun, dalam wawancara terpisah, keduanya sepakat bahwa laga bertajuk El Clasico tersebut akan selesai dengan skor tipis untuk kemenangan salah satu kubu. Berikut kutipannya:

Baik Barcelona dan Madrid punya progres berbeda sejauh ini. Bagaimana teman-teman menilai penampilan tim masing-masing?
Satria: Barcelona menurut saya sedikit naik-turun untuk urusan konsistensi. Hal itu yang membuat penampilan mereka tidak bisa ditebak.
Ben: Kunci sukses Real Madrid ada di Zinedine Zidane sebagai pelatih. Formasi yang dia racik sudah pas dan membantu Real Madrid kokoh di puncak klasemen.

Aspek apa yang harus diperbaiki dari Barcelona dan Real Madrid?
Satrio: Barcelona butuh motivasi lebih kuat untuk menguatkan mental pemain. Dengan begitu mereka bisa tampil lebih baik. Beberapa posisi juga harus diisi pemain berkualitas agar Barcelona tidak semata mengandalkan trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr saja.
Ben: Mungkin perlu sedikit perbaikan di lini pertahanan. Barcelona pasti akan bermain dengan tempo cepat, sehingga berisiko membuat bek-bek Real Madrid kelelahan.

Siapa pemain terbaik di klub masing-masing?
Satrio: Semua pemain punya kualitas merata. Namun, secara pribadi, saya melihat Luis Suarez, Javier Mascherano, dan Sergi Roberto tampil cukup baik.
Ben: Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo. Keduanya cepat, serta konsisten membuat assist dan gol di setiap laga.

Bagaimana teman-teman melihat performa lawan?
Satrio: Harus diakui, Real Madrid tampil cukup impresif musim ini. Untuk bisa mengalahkan Real Madrid, Barcelona harus tampil dengan motivasi tinggi dan strategi variatif.
Ben: Barcelona tetap tim yang sulit dikalahkan. Apalagi, mereka main di Camp Nou. Mungkin performa mereka turun musim ini, tetapi saya yakin mereka akan berjuang sekuat tenaga karena ini laga yang bergengsi.

Siapa pemain kubu lawan yang layak diwaspadai?
Satrio: Real Madrid punya lini tengah yang bagus dan banyak pemain yang sulit dikawal pergerakannya. Di barisan belakang juga ada beberapa bek yang rajin membantu serangan.
Ben: Mungkin Ivan Rakitic dan Andres Iniesta. Mereka rajin melepas tendangan spekulatif yang langsung mengarah ke gawang.

Real Madrid belum terkalahkan di La Liga. Mungkinkah catatan tersebut putus di Camp Nou?
Satrio: Semua hal bisa terjadi, tetapi sebagai fans Barcelona, saya harus yakin El Clasico akan dimenangi tim favorit saya.
Ben: Ya mungkin Real Madrid akan memperpanjang catatan mereka menjadi 33 laga tidak terkalahkan di semua kompetisi. Kalau melihat tren Barcelona gagal meraih poin penuh pada tiga perrtandingan terakhir, saya optimistis Real Madrid bisa menang.

Yakin tim favoritnya bisa menang?
Satrio: Tentunya saya berharap Barcelona bisa menang. Mungkin skornya 3-2 untuk kemenangan mereka.
Ben: Kemungkinan Real Madrid akan menang 2-1.

  • Penulis: Lariza Oky Adisty
  • Editor: Aloysius Gonsaga
TOPIK :

Komentar