TOPIK TERPOPULER
Thierry Henry menembak bola ke gawang Middlesbrough dalam pertandingan Premier League, 14 Januari 2006.
RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES
Thierry Henry menembak bola ke gawang Middlesbrough dalam pertandingan Premier League, 14 Januari 2006.

JUARA Klasik 14 Januari 2006; Margin Kemenangan Terbesar Arsenal di Highbury

JUARA.net - Stadion Highbury adalah tempat sakral yang belum tergantikan bagi Arsenal. Di sanalah Tim London Merah memetik kejayaan demi kejayaan sekaligus mendatangkan berbagai trofi bergengsi sejak pertama kali digunakan pada 1913 hingga dipensiunkan pada 2006.

Salah satu momen yang berkesan di benak para Gooners alias pendukung setia Arsenal yaitu saat menyaksikan tim kesayangan mereka mengamuk dan menggelontorkan tujuh gol dalam laga pekan ke-22 Premier League 2005-2006 kontra Middlesbrough.

Bintang Arsenal kala itu tak lain adalah striker legendaris yang berjulukan Raja. Siapa lagi kalau bukan Thierry Henry. Dia bak mimpi buruk bagi barisan pertahanan Middlesbrough, terutama kiper Brad Jones, lantaran mengukir hattrick plus terlibat aktif dalam tiga proses gol lain.

Hattrick Henry tercipta pada menit ke-20 (sepakan voli), 30, dan 68 (sepakan mendatar). Dia juga mengirimkan dua assist buat Robert Pires (47') dan Gilberto Silva (59') serta melakukan pergerakan yang merebut atensi seluruh bek Middlesbrouh sehingga memudahkan Alexander Hleb mencetak gol penutup Arsenal (84').

Secara khusus, hattrick Henry menggenapi jumlah golnya menjadi 150 di Premier League, menyamai rekor milik legenda Arsenal lain, Clive Bastin (1926-1946). Tak mengherankan bila penampilan luar biasa sang striker mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, termasuk pelatihnya, Arsene Wenger.

“Saya tak ingat kapan ia bermain lebih. Seberapa jauh langkahnya? Kapan ia akan berhenti (mencetak gol)? Saya ingin melihat orang lain memecahkan rekor miliknya."

Arsene Wenger, Pelatih Arsenal.

Sekedar mengingatkan, Henry masih tercatat sebagai pemain tertajam Arsenal sepanjang masa di liga dengan koleksi 175 gol. Dia sanggup menambah 25 gol lagi sebelum meninggalkan The Gunners menuju Barcelona pada musim panas 2007.

Kembali ke hasil pertandingan kontra Middlesbrough, Arsenal sukses menorehkan kemenangan terbesar di Highbury, menyamai pencapaian setahun terdahulu sewaktu mengandaskan Everton dengan skor serupa pada 12 Mei 2005. 

Torehan Arsenal itu kian terasa istimewa mengingat edisi 2005-2006 merupakan musim terakhir mereka menggunakan Highbury sebagai markas tim. Musim berikutnya, kandang Arsenal resmi pindah ke Ashburton Grove atau yang kini dikenal dengan nama Emirates Stadium.

Rekaman pertandingan Premier League antara Arsenal versus Middlesbrough, 14 Januari 2006.
Rekaman pertandingan Premier League antara Arsenal versus Middlesbrough, 14 Januari 2006.
DOK. BOLA

  • Penulis: Indra Citra Sena
  • Editor: Aloysius Gonsaga
  • Sumber: PINO BOLA dan berbagai sumber
TOPIK :

Komentar