Kisah Unik Handuk Resmi Wimbledon (1)

By Pipit Puspita Rini - Selasa, 14 Juli 2015 | 18:15 WIB
Petenis Inggris, Andy Murray, mengelap mukanya dengan handuk saat bertanding melawan petenis Swiss, Roger Federer, pada semifinal Wimbledon di All England Tennis Club, Jumat (10/7/2015).
LEON NEAL/AFP PHOTO
Petenis Inggris, Andy Murray, mengelap mukanya dengan handuk saat bertanding melawan petenis Swiss, Roger Federer, pada semifinal Wimbledon di All England Tennis Club, Jumat (10/7/2015).

Bentuknya empat persegi panjang dengan ukuran persis 70 x 133 sentimeter. Coraknya berwarna-warni dengan berat 500 gram dan sepenuhnya bisa dicucui dengan mesin. Barang ini jadi salah satu yang paling dicari pemain kala bertanding di Wimbledon.

Benda itu adalah handuk resmi yang dipakai para pemain untuk mengelap keringat yang mengucur saat bertanding. Handuk ini juga jadi buruan para penggemar tenis di seluruh dunia.

Tahun lalu, handuk berwarna abu-abu dan hijau versi pria terjual 16.000, sementara handuk versi putri dengan warna pirus (biru-hijau) dan pink terjual 9.000. Handuk merupakan barang paling banyak terjual di Wimbledon Shop.

Tahun ini, 6.000 buah handuk disiapkan untuk penyelenggaraan turnamen yang berlangsung 29 Juni-12 Juli. Handuk untuk putra masih mempertahankan desain klasik dengan tulisan berwarna krem, sementara versi putri berwarna fuchsia pink dan hijau.

Setiap pukul 8.30 pagi, sekitar 400 handuk dikirim ke kantor petugas lapangan, dan handuk kotor yang dipakai pada hari sebelumnya diambil untuk dicuci.

Setiap pemain yang bertanding berhak atas dua handuk. Saat memasuki lapangan, mereka akan mendapatkan satu handuk tersampir di sandaran kursi mereka, dan satu lagi terlipat di kursi. Cara melipat dan menempatkan handuk ini tidak boleh sembarangan.

"Perhatian terhadap detail sangat penting, jadi kami memberi pelatihan kepada petugas lapangan tentang bagaimana melipat dan menggantungnya di kursi," kata George Spring, manajer yang mengurusi hal ini.

"Kami lalu memotret kursi yang sudah siap di setiap lapangan untuk memastikan semuanya tertata dengan benar," lanjut Spring.

Handuk ternyata punya peran besar di Wimbledon. Barang segi empat ini menjadi salah satu ikon penting dan jadi sentuhan akhir yang melengkapi lapangan tempat para petenis papan atas dunia beraksi. (Bersambung)

Baca juga

Kisah Unik Handuk Resmi Wimbledon (2)


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Wimbledon


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.