Mulai Musim Depan, NBL Berubah Menjadi IBL

By Pipit Puspita Rini - Kamis, 9 Juli 2015 | 20:11 WIB
Acara penandatanganan MOU antara PP Perbasi dengan promotor IBL, Starting Five, di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (9/7/2015).
JUARA.net / NUGYASA LAKSAMANA
Acara penandatanganan MOU antara PP Perbasi dengan promotor IBL, Starting Five, di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) secara resmi telah menunjuk promotor baru untuk mengelola liga basket profesional Indonesia, yaitu Starting Five.

Liga yang digarap Starting Five akan menggunakan nama Indonesia Basketball League (IBL) untuk menggantikan nama National Basketball League (NBL) yang sebelumnya dimotori oleh PT Deteksi Basket Lintas (DBL). Rencananya, play-off IBL akan diselenggarakan pada Desember 2015, sementara kompetisinya akan digelar pada Januari 2016.

Format kompetisi juga akan mengalami sedikit perubahan. IBL hanya akan dilangsungkan di enam kota besar di Pulau Jawa.  Jumlah pertandingan pun akan berkurang dibanding pada musim sebelumnya. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur IBL, Hasan Gozali.

"Kita fokus di Pulau Jawa dulu. Untuk waktu dan kota masih dalam proses. Formatnya akan sedikit berubah. Jika biasanya tim putra main 33 gim dan putri 15 gim, kini tim putra bermain 22 gim dan putri 10 gim," ujar Hasan saat konferensi pers di FX Plaza, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Sementara itu, Sekjen PP Perbasi, Amran Andi Sinta, mengatakan akan ada sinergi antara Perbasi dan Starting Five dalam menyusun agenda IBL.

"Prinsip dasarnya, Perbasi tetap mengawasi jalannya liga. Namun, kami tidak akan mencampuri konsep dan kreativitas yang dikembangkan oleh Starting Five. Intinya, kami ingin memajukan kompetisi bola basket di Indonesia dengan suguhan pertandingan yang baik," kata Amran.


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.