JNE Bandung Utama Terbang Melejit Menembus Langit

By Eko Widodo - Senin, 4 Mei 2015 | 10:30 WIB
Ocky Tamtelahitu, menjadi Pelatih Terbaik IndiHome NBL Indonesia 2014-15.
Eko Widodo/BOLA
Ocky Tamtelahitu, menjadi Pelatih Terbaik IndiHome NBL Indonesia 2014-15.

77 pada Hangtuah Sumsel, sementara Stadium unggul 58-52 atas Garuda.

Garuda adalah langganan play-off. Rasio memasukkan dan kemasukan mereka sejak musim 2011-12 hingga 2014-15 antara 1,0 sampai 1,3. Kondisi berbeda dialami Bandung Utama yang baru pertama kali merasakan atmosfer play-off. Bagaimana ceritanya Bandung Utama bisa melejit menembus langit?

Pada musim 2011-12, saat masih bernama Tonga BSC, rasio memasukkan-kemasukan mereka 0,6 (rataan memasukkan 47,6 dan rataan kemasukan 73,4). Musim berikutnya, Tonga BSC menjadi juru kunci klasemen namun justru dengan rasio naik 0,7 (rataan memasukkan 55,0 dan rataan kemasukan 74,5).

Di musim 2013-14, nama tim berubah menjadi JNE BSC Bandung Utama. Transformasi terjadi. Rasio membaik menjadi 0,9. Bandung Utama menjadi lawan yang melawan dan sulit dikalahkan. Rataan memasukkan naik menjadi 61,3 dan rataan kemasukan 70,2 poin per gim.

Pertandingan JNE Bandung Utama di Gedung Basket Senayan. (Foto: Fernando Randy/BOLA)

Di musim ini, fase tertinggi penampilan Bandung Utama terjadi. Rasio memasukkan-kemasukan 0,96 dengan rataan memasukkan 59,2 dan rataan kemasukan hanya 61,7 poin per gim. Sentuhan mantan point guard nasional Ocky Tamtelahitu berhasil memoles cara bermain skuat muda Bandung Utama. Ocky baru tahapan memoles sebab ia baru semusim dipercaya menangani tim ini.

Bandung Utama adalah contoh tim yang memperbaiki diri di segala aspek, baik teknis maupun non teknis. Mereka sadar sulit bersaing dengan Aspac, SM, Pelita Jaya, dan CLS yang secara finansial dan teknis memang di atas Bandung Utama. Pebasket bagus Indonesia hampir 85% dimiliki keempat tim itu.

Bermain dengan strategi maksimalisasi potensi yang ada diambil oleh manajemen Bandung Utama. Di bidang teknis, mereka mendatangkan pelatih yang pernah menjadi pemain nasional sekaliber Ocky Tamtelahitu.


Editor : Eko Widodo
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.