Robby Darwis, Legenda yang Tetap Geluti Sepak Bola

By Firzie A. Idris - Jumat, 2 Oktober 2015 | 16:15 WIB
Robby Darwis, tak bisa meninggalkan sepak bola.
Erwin Snaz
Robby Darwis, tak bisa meninggalkan sepak bola.

Nama sang legenda Robby Darwis sangat melekat dengan Persib. Maklum, pemain asal Lembang itu ikut mempersembahkan gelar juara kompetisi perserikatan pada 1986, 1989, dan 1993. Robby juga kembali membawa Persib juara di kompetisi Liga Indonesia musim pertama, 1994/95.

Kesuksesan tersebut membuat nama Robby terkenal di Jawa Barat dan Indonesia, apalagi Robby juga cukup lama memperkuat timnas Indonesia.

Robby bergabung dengan timnas pada 1986 hingga 1997. Dia ikut membawa Indonesia ke semifinal Asian Games Seoul 1986. Prestasi terbaiknya bersama timnas adalah meraih medali emas SEA Games 1987 Jakarta dan SEA Games 1991 Manila.

Semua kesuksesan bersama Persib dan timnas tidak diraih Robby dengan mudah.

Pria kelahiran Bandung, 30 Oktober 1965 ini berkenalan dengan dunia sepak bola pada usia 10 tahun di kampung halamannya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

“Ketika umur 10 tahun, saya sudah senang main sepak bola karena memang sejak kecil sering nonton sepak bola. Saya menonton di lapangan sekitar kampung di Lembang maupun nonton di televisi,” ujar Robby.

“Di situ, saya merasa tertarik untuk menggeluti sepak bola. Sampai-sampai, saya suka bolos sekolah hanya karena nonton sepak bola,” ujar Robby membuka pembicaraan saat ditemui Harian BOLA di ruang kerjanya, Kamis (1/10/2015).

Keinginan Robby untuk menggeluti sepak bola mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya, apalagi keluarga besarnya memang suka sepak bola.

“Saat berumur 17 tahun, saya masuk tim Persib senior dan junior. Bahkan, di tim senior saya menjadi pemain inti. Pada 1983, saya benar-benar full memperkuat tim senior Persib sebagai pemain inti. Dari situ, saya merasa bangga karena bisa terpilih sebagai pemain Persib. Sejak saat itu, saya bertekad ingin membawa Persib juara,” ujar suami dari Suci Guntari ini.

“Karena keluarga suka sepak bola, saya didukung keluarga untuk berkarir di sepak bola. Saya pun menjadi punya keinginan dan cita-cita untuk menjadi pemain Persib dan pemain tim nasional,” ujar Robby.

Wardaya (alm), Marek Jonata (asal Polandia), dan Obon Syahban merupakan tiga sosok yang cukup punya peran penting dalam menanjakkan karier Robby di sepak bola.


Editor :
Sumber : Harian BOLA 2 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.