Kemenpora Tak Setuju Langkah KONI

By Ade Jayadireja - Selasa, 4 Agustus 2015 | 20:30 WIB
PSSI, bisa menjadi pemicu kisruh antara Kemenpora dan KONI.
Kukuh Wahyudi/BOLA
PSSI, bisa menjadi pemicu kisruh antara Kemenpora dan KONI.

Kementerian Pemuda dan Olah Raga mempertanyakan langkah Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) yang mengeluarkan SK Pengukuhan Kepengurusan PSSI 2015-2019.

Langkah tersebut dinilai durhaka kepada Kemenpora yang berdiri di atasnya. Bila berdasarkan status kelembagaan negara, posisi Kemenpora memang berada di atas KONI.

Maka wajar jika Kemenpora tak bisa terima jika KONI mengeluarkan kebijakan yang tak sejalan dengan mereka.

“Kami tidak tahu apa maksud utama dari KONI. Seharusnya tidak bisa seperti itu. Tapi, sekarang saya belum tahu sikap resmi Menpora akan seperti apa menanggapi kondisi ini,” kata Gatot Dewa Broto, Deputi V Bidang Harmonisasi dan kemitraan Kemenpora.

Namun, Gatot mengakui bahwa KONI sempat berkomunikasi lewat surat. Ia mengatakan ada surat dari Ketua Umum KONI, Tono Suratman, yang ditujukan ke Menpora Imam Nahrawi. Isi surat tersebut adalah permintaan persetujuan kepada Menpora terkait SK pengukuhan PSSI.

Sikap KONI

Sementara itu, Tono yakin kebijakan yang diambil sudah tepat.

KONI Pusat melakukan itu karena taat dengan keputusan hukum dan tidak ingin pembinaan sepak bola terhenti,” katanya.

“Kami wajib menaati keputusan PTUN. Soal adanya upaya banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang dilakukan Kemenpora. Kami tunggu saja hasilnya nanti,” sambung Tono.

Badan yang memayungi seluruh induk olah raga di Indonesia itu membawa ajang Pekan Olah Raga Nasional sebagai latar belakang.

KONI mengakui hanya ingin memastikan bahwa penyelenggaraan PON 2016, khususnya cabang sepak bola, bisa berjalan lancar dengan bantuan federasi.

“Meski begitu, kasus saat ini berbeda. Bila KONI seperti ini, bisa menjadi contoh buruk nantinya,” ucap Gatot.

(Penulis: Kukuh Wahyudi)


Editor :
Sumber : Harian BOLA 4 Agustus 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.