Dapat Bola Panas, Tim Transisi Wajib Akselerasi

By Firzie A. Idris - Minggu, 2 Agustus 2015 | 16:42 WIB
Tim Transisi, sedang fokus menggulirkan Piala Kemerdekaan
Fernando Randy/Juara.net
Tim Transisi, sedang fokus menggulirkan Piala Kemerdekaan

Agustus menjadi bulan keempat Tim Transisi dalam menjalankan tugas. Sejak diresmikan pada 8 Mei, belum satu pun tugas pokok tim yang dikomandoi Bibid Samad Riyanto itu diselesaikan.

Berdasarkan ketentuan dari Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, ada empat tugas yang harus dijalankan Tim Transisi

Pertama, menggantikan peran PSSI yang telah dibekukan. Kedua, memastikan pengiriman tim nasional Indonesia berjalan di sejumlah ajang. Ketiga, memastikan kompetisi berjalan. Keempat, memfasilitasi pemilihan pengurus baru (KLB) PSSI melalui mekanisme FIFA.

Sampai saat ini, empat tugas tersebut belum tersentuh. Padahal, bola panas sepak bola Indonesia berada di mereka.
Menggantikan peran PSSI belum terlihat. Memastikan mengirim timnas dipastikan tidak bisa lantaran Indonesia sedang dikucilkan dunia luar.

Kompetisi juga belum berjalan. Turnamen yang menjadi jembatan menuju kompetisi pun tak kunjung digulirkan. Terlebih lagi KLB, Tim Transisi mengaku belum memiliki tahapan pasti menuju ke agenda tersebut.

Publik menaruh harapan besar kepada Tim Transisi untuk bisa memperbaiki tata kelola sepan bola nasional.

"Sekarang kami berharap Tim Transisi bisa berakselerasi. Meskipun banyak kedala, mereka harus melakukan percepatan terhadap aktivitas yang dilakukan," kata Gatot Dewa Broto, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora.

Namun, Gatot tak menyalahkan anggota Tim Transisi lantaran pergerakannya kurang cepat. Menurutnya, keuangan dan hasil PTUN mempengaruhi pergerakan Zuhairi Misrawi cs.

"Kondisi libur Lebaran juga membuat kami sedikit melambat. Kami pun mau secepatnya menyelesaikan satu persatu tugas," ucap Zuhairi.

Menpora mencoba berfikir positif bahwa tim bentukannya itu dapat bekerja maksimal. "Semuanya sudah disiapkan Tim Transisi. KLB belum, tetapi dalam waktu dekat kami akan siapkan hiburan dalam bentuk turnamen," tutur Imam.

Aktifitas Tim Transisi
8 Mei: Pengumuman anggota Tim Transisi
14 Mei: Keputusan Menggelar Piala Kemerdekaan
3 Juli: Menggelar Workshop Piala Kemerdekaan
9 Juli: Menggelar penyegaran wasit
15 Agustus: Target sepak mula Piala Kemerdekaan

Tugas Pokok
1. Menggantikan peran PSSI yang telah dibekukan
2. Memastikan pengiriman tim nasional Indonesia berjalan di sejumlah ajang.
3. Memastikan kompetisi berjalan.
4. Memfasilitasi pemilihan pengurus baru (KLB) PSSI melalui mekanisme FIFA.

Pendanaan
Rp 131.500.000
- Jumlah tersebut diperuntukan untuk honor anggota Tim Transisi, tim teknis, dan sekretariat. Dana tersebut diambil dari pos anggaran Asdep Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga


Editor : Kukuh Wahyudi
Sumber : Harian Bola (Kukuh Wahyudi)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.