Pelatih dan Agen Kian Gencar Promosi ke Thailand

By Firzie A. Idris - Senin, 6 Juli 2015 | 18:13 WIB
Gabriel Budi, salah satu agen pemain yang mencoba peruntungan ke Thailand.
Sahlul Fahmi/BOLA
Gabriel Budi, salah satu agen pemain yang mencoba peruntungan ke Thailand.

Tak hanya pemain Indonesia yang mengalihkan perhatian ke luar negeri, jajaran pelatih pun tak mau ketinggalan. Thailand dan Timur Tengah menjadi tujuan favorit.

Mantan pelatih fisik Persib, Dino Sefrianto, mengaku telah melakukan negosiasi dengan manajemen klub kasta kedua Liga Thailand, Nara United.

“Saya sudah bicara langsung dengan pemilik Nara United, termasuk soal nilai kontrak. Dia bilang mau dirapatkan dulu dan minta waktu sampai setelah Lebaran nanti,” kata Dino, alumnus FPOK UPI Bandung. Ia mengaku hubungan dengan Nara United dilakukan melalui salah seorang teman yang memiliki banyak relasi di Negeri Gajah Putih tersebut.

Bermodalkan pengalaman sebagai pelatih fisik di beberapa klub besar seperti Persib, Persebaya, Arema LPI, Semen Padang, dan Sriwijaya FC, Dino percaya diri mencoba peruntungan di luar negeri. “Saya sudah mengirimkan curriculum vitae lengkap kepada manajemen Nara United. Semoga pengalaman saya termasuk di LCA dan Piala AFC menjadi pertim bangan buat mereka,” ujarnya.

Tekad Dino untuk berkarier di luar negeri semakin bulat setelah tak ada kompetisi resmi di Indonesia.

Pemain Asing

Salah satu agen pemain, Gabriel Budi dari PT Indo Bola Mandiri, juga bekerja keras untuk memasarkan pemain ke Asia, khususnya Thailand. Gabriel mengatakan ia melakukan hal itu sebagai bentuk tanggung jawab. Dalam kondisi tanpa kompetisi, Gabriel merasa terbebani jika melihat para pemain menganggur.

Gabriel mengaku semua pemain yang ia tawarkan adalah pesepak bola asing. Tak satu pun pemain lokal yang masuk dalam proposal penawarannya kepada klub luar negeri.

“Ada beberapa klub di Thailand yang sering memantau para pemain asing saya yang bermain di Indonesia. Begitu mengerti kompetisi kita berhenti, mereka lantas menghubungi saya untuk mendatangkan pemain tersebut ke Thailand,” ucapnya.

Saat ditanya siapa pemain yang dimaksud, Budi memilih untuk tidak menyebutkan nama terlebih dahulu sebelum mendapat kepastian kontrak dari klub. “Maaf, saya belum bisa sebutkan nama pemainnya. Nanti saja kalau sudah positif kontrak,” ucapnya.

Selain Thailand, Timur Tengah juga menjadi destinasi baru. Pelatih Rudy Eka Priyambada, yang telah dikontrak Al Najma (Bahrain), berencana membawa mantan gelandang serang Mitra Kukar asal Liberia, Erick Weeks Lewis.


Editor : Wiwig Prayugi
Sumber : Harian BOLA (Wiwig Prayugi/Budi Kresnadi/Sahlul Fahmi/Erwin


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.