87 Tahun Persija: Lahirnya Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (3-selesai)

By Gerry Putra - Jumat, 27 November 2015 | 16:40 WIB
Persija saat menjuarai kompetisi PSSI tahun 1938 di Solo.
Dok Pemandangan
Persija saat menjuarai kompetisi PSSI tahun 1938 di Solo.

Taring VIJ semakin terlihat setelah perwakilan mereka terlibat dalam rapat-rapat pembentukan awal PSSI di gedung Binnehoft, kawasan Kramat, Jakarta. VIJ menjadi salah satu bond yang memiliki inisiatif pembentukan sebuah organisasi pemersatu sepak bola Indonesia dengan payung PSSI.

Baca Juga: Embrio Persija: VIJ Jacatra Sang Juara Perdana Kompetisi PSSI

Pada 19 April 1930, dalam sebuah kongres yang dihadiri delapan perwakilan tim: VIJ, BIVB (Bandung), SIVB (Surabaya), MVB (Madiun), VVB (Surakarta), MIVB (Magelang), dan PSM (Yogyakarta), secara resmi berdirilah PSSI dengan Ir. Soeratin sebagai pemimpin.

Prestasi VIJ di awal era 1930-an bisa dibilang sangat mentereng. Andai kompetisi kecil yang bergulir beberapa hari sebelum PSSI berdiri disahkan menjadi turnamen resmi, maka nama VIJ-lah yang keluar sebagai juaranya.

Baca Juga: 87 Tahun Persija: Lahirnya Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (1)

Kedigdayaan mereka pun berlanjut.

Lewat pemain-pemain seperti Tobing, Abidin, Soemo, Machmoel, Boengboeng, Enoch, Rachim, Affendi, Hoedoro, Djaimin, Soenarto atau Saridi, VIJ sempat merajai kompetisi resmi PSSI tahun 1931, 1933, 1934 dan 1938.

VIJ termasuk salah satu perserikatan anggota PSSI yang kritis di organisasi. Pada tahun 1934, mereka menentang keputusan organisasi menerima PPVIM (Persatuan Perkumpulan Voetbal Indonesia Meester Cornelis).

Gara-gara sering tak sepaham dengan keputusan pengurus pusat PSSI, VIJ harus gigit jari dalam perebutan kejuaraan resmi organisasi pada tahun 1936 dan 1937.

Namun, terlepas dari kontroversi tersebut, VIJ tetap menjadi bagian tak terpisahkan dalam sejarah panjang PSSI.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Pemandangan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.