Trofi Piala Presiden untuk Anak Terpintar

By Firzie A. Idris - Selasa, 29 September 2015 | 14:30 WIB
Ida Bagus Lasem dengan trofi Piala Presiden.
www.tribunnews.com
Ida Bagus Lasem dengan trofi Piala Presiden.

Di bawah sebuah saung, Ida Bagus Lasem (73 tahun) teliti mengerjakan pesanan Presiden Joko Widodo. Sejak 30 Agustus lalu, ia memang disibukkan dengan mengerjakan trofi untuk juara Piala Presiden 2015.

Lasem mengaku membuat trofi tersebut dengan sepenuh hati. Sebelum memulai pahatan pertamanya, ia membawa tidur desain trofi yang diminta promotor Piala Presiden, Mahaka Sports and Entertainment.

“Saya anggap Pak Jokowi sebagai kakek dan saya sebagai anaknya. Lalu saya diminta untuk membuat sebuah hadiah untuk 16 cucu Pak Jokowi yang tersebar di seluruh daerah. Siapa yang terpintar, maka akan mendapatkan hadiah ini,” ujar Lasem saat ditemui Harian BOLA di kediamannya, Gianyar, Bali, Minggu (27/9).

Enam belas cucu Jokowi, kata Lasem, diartikan sebagai 16 klub peserta Piala Presiden.

Membawa begadang desain dan berpikiran layaknya putra kandung Jokowi dilakukan Lasem agar dapat meresapi makna dari trofi tersebut. Ia menghabiskan waktu beberapa malam untuk akhirnya memukul pahatan pertama pada kayu jati asal Bojonegoro itu.

“Kayu ini lebih elastis untuk dibentuk,” ujar dia. Kayu untuk trofi berukuran 50x25 sentimeter itu dia beli dengan harga 2,8 juta rupiah.

Kini, ia mengklaim pengerjaan trofi itu telah rampung 90 persen. Sepuluh persen sisanya, lanjut Lasem, ialah proses pengampelasan, pewarnaan, dan menghasilkan beberapa detail trofi .

Menurut Lasem, sisa pekerjaannya akan rampung sekitar sepekan ke depan. Ia selalu mengerjakan pesanan itu di waktu luang dan menyendiri. Misalnya, kata Lasem, di waktu malam saat keluarganya tengah tertidur pulas.

Filosofi Trofi

1. Ukiran yang melukiskan batu disimpan di bagian paling bawah trofi . Menurut Lasem, batu merupakan elemen terpenting dalam setiap fondasi. Rupa batu di bawah trofi mengartikan bahwa sepak bola mesti diwadahi oleh elemen yang kuat.


Editor :
Sumber : Harian BOLA, Senin 28 September 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X