Catatan Rekor Marc Marquez di MotoGP 2013

By Oka Akhsan M. - Rabu, 1 Mei 2013 | 16:11 WIB
Marc Marquez
Mirco Lazzari gp/Getty Images
Marc Marquez

MotoGP musim 2013 baru berjalan dua seri, namun pebalap belia Honda, Marc Marquez, telah membukukan beberapa rekor. Apa saja pencapaian yang ditorehkan pebalap asal Spanyol itu?

- Kemenangan di Amerika pada usia 20 tahun 63 hari menjadikan Marc Marquez sebagai pebalap termuda yang memenangi balapan di kelas MotoGP, melewati Freddie Spencer (20 tahun 196 hari) ketika menang di GP Belgia 1982.

- Meraih catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi di Austin menjadikan Marc Marquez sebagai pebalap termuda yang meraih pole di kelas MotoGP, melewati Freddie Spencer (20 tahun 153 hari) saat meraih pole di Jarama 1982.

- Kemenangan di Austin juga menjadikan Marc Marquez sebagai pebalap termuda sepanjang 65 tahun sejarah Kejuaraan Dunia Grand Prix yang meraih kemenangan di tiga kelas berbeda, melewati Dani Pedrosa (20 tahun 227 hari) ketika menang di Cina pada 2006.

- Marc Marquez menjadi pebalap pertama yang memenangi balapan pertama atau kedua di debut kelas MotoGP dalam 15 tahun terakhir sejak Max Biaggi (Suzuka 1998).

- Ia menjadi pebalap pertama sejak Jorge Lorenzo (2008) yang naik podium di dua balapan awal di kelas MotoGP.

- Memuncaki klasemen sementara pebalap bersama Lorenzo, Marquez menjadi pebalap termuda sepanjang sejarah yang memimpin kelas MotoGP. Ia melewati rekor Lorenzo (20 tahun 345 hari) saat memimpin klasemen pebalap setelah menang di Estoril pada 2008.

- Marquez menjadi pebalap termuda sepanjang sejarah yang naik modium dalam dua balapan beruntun di kelas MotoGP, melewati rekor Randy Mamola (20 tahun 197 hari) di Spanyol dan Prancis pada 1980.

- Di balapan pertama, Marquez membukukan rekor sebagai pebalap termuda sepanjang sejarah yang meraih fastest lap di balapan kelas MotoGP dalam usia 20 tahun 49 hari. Ia melewati rekor Freddie Spencer (20 tahun 161 hari) di Misano pada 1982.

Beberapa rekor yang bisa ditorehkan Marquez di Jerez akhir pekan ini:


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.