Sayap Depan Patah, Rio Haryanto Finis di Posisi 4

By Tulus Muliawan - Sabtu, 25 Juli 2015 | 22:02 WIB
Rio Haryanto, mengalami insiden dengan Sergey Sirotkin menjelang balapan pertama berakhir. Inset: sayap depan mobil Rio patah.
Tulus Muliawan dan GP2 Media
Rio Haryanto, mengalami insiden dengan Sergey Sirotkin menjelang balapan pertama berakhir. Inset: sayap depan mobil Rio patah.

Ambisi Rio Haryanto untuk finis di podium GP2 Series Hungaria hampir saja terwujud. Pebalap kebanggaan Indonesia dari tim Campos Racing itu finis di posisi empat pada sesi balapan pertama (feature race), Sabtu (25/7/2015).

Laporan Tulus Muliawan dari Budapest, Hungaria.

Sebelum finis di posisi empat, Rio menunjukkan awalan yang kurang baik di Sirkuit Hungaroring. Pebalap 22 tahun itu merosot tiga peringkat ke posisi 10 setelah mengawali balapan dari tempat ketujuh.

Mobil Sergio Canamasas (MP Motorsport) sempat menabrak dinding pada lap kedua, sehingga safety car masuk ke lintasan. Para pebalap menurunkan kecepatan dan membuat jarak antarpebalap semakin menyempit.

Rio masuk ke pit stop pada lap 10 dan membuat posisinya merosot ke peringkat 13 dari tempat keenam. Namun, perlahan tapi pasti Rio mampu terus memperbaiki posisinya.

Pada lap 26, Rio melonjak naik dari peringkat delapan ke posisi enam. Sepuluh lap jelang balapan berakhir Rio berhasil naik ke posisi dua. Ia menempel ketat Stoffel Vandoorne (ART) yang menempati posisi pertama.

Rio kehilangan posisi kedua karena di rebut Alex Lynn (DAMS). Namun, Rio tak menyerah. Saat Lynn melonjak ke posisi pertama, Rio mencoba merebut posisi kedua dari Vandoorne. Namun, Vandoorne memenangi persaingan di lap 33.

Sayang, Rio gagal mempertahankan posisinya pada lap 35. Posisi Rio direbut Pierre Gasly (DAMS). Pada tikungan terakhir, Rio terpaksa turun satu tingkat ke posisi lima karena sayap mobilnya ditabrak Sergey Sirotkin (Rapax).

Sejauh ini, insiden ini masih dalam investigasi pengawas balapan. Meski finis kelima, Rio berhak menempati keempat karena Vandoorne terkena hukuman penalti lima detik.

Dengan demikian, Rio sukses menambah koleksi angkanya menjadi 103 poin dan bertahan di posisi ketiga klasemen. Rio akan mengawali balapan kedua (sprint race) dari posisi lima, Minggu (26/7/2015).


Editor : Tulus Muliawan
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X