Insiden Rossi Vs Marquez Jadi Peringatan buat F1

By Tulus Muliawan - Kamis, 26 November 2015 | 07:20 WIB
Duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, menjalani sesi konferensi pers menjelang GP Australia, 15 Oktober 2015.
SAEED KHAN/AFP
Duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, menjalani sesi konferensi pers menjelang GP Australia, 15 Oktober 2015.

Insiden yang melibatkan Valentino Rossi dan Marc Marquez di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (25/10/2015), terus menuai kritik. Salah satu kritik itu datang dari petinggi Formula 1, Bernie Ecclestone.

Ecclestone menilai Rossi telah melakukan kesalahan besar karena terlihat jelas sengaja menendang Marquez saat berduel di Sepang.

Insiden di Sepang tersebut berbuntut penalti tiga poin bagi Rossi. Race Direction menilai Rossi telah melakukan gerakan yang membahayakan pebalap lain, ketika mengubah jalur balapnya.

Dengan tambahan satu poin penalti yang sudah didapat di San Marino, Rossi harus memulai balapan seri terakhir di Valencia dari posisi start paling belakang.

Ecclestone mengatakan bahwa Rossi seharusnya mendapat hukuman yang lebih berat dari yang ia dapat dari FIM.

Baca Juga: Rossi Masih Dibutuhkan MotoGP

"Rossi harusnya didiskualifikasi. Dia harus mendapat bendera hitam. Apa yang terjadi jelas salah. Ini peringatan buat F1," ujar Presiden Formula 1 Manajemen (FOM).

"Coba pikirkan jika Ferrari sedang mengejar gelar juara dan Mercedes sengaja menghalangi. Apa yang akan terjadi?" kata pria 85 tahun itu.

Selain Ecclestone, sejumlah tokoh F1 seperti Nico Rosberg, Sebastian vettel, dan Felipe Massa juga sempat angkat bicara mengenai insiden ini.

Rosberg menilai Rossi dan Marquez bersalah, Vettel menyatakan Rossi tidak berbuat salah, sedangkan Massa kecewa dengan sikap Rossi.

Meski MotoGP 2015 telah berakhir, ketegangan antara Rossi, Marquez, dan Lorenzo belum reda. Rossi menutup diri dari Lorenzo dan Marquez.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Crash


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.