23 Kandidat Ballon d'Or Didominasi Pemain La Liga

By Suryo Wahono - Rabu, 21 Oktober 2015 | 21:34 WIB
Peraih penghargaan tahun ini tampaknya tak jauh dari tiga besar Ballon d'Or tahun lalu.
Getty Images
Peraih penghargaan tahun ini tampaknya tak jauh dari tiga besar Ballon d'Or tahun lalu.

Barcelona menyapu bersih tiga titel bergengsi sepanjang edisi 2014/15: La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champion. Amat wajar apabila atas dasar prestasi tersebut, anak asuh Luis  Enrique juga mendominasi daftar 23 calon peraih FIFA Ballon d’Or 2015.

Selasa (20/10), FIFA dan France Football merilis 23 kandidat peraih status sebagai pemain terbaik sejagat tersebut. Seluruh personel dipilih oleh pakar sepak bola dari France Football dan Komite Sepak Bola bentukan FIFA.

Daftar pemain ini dipilih atas dasar prestasi sepanjang 22 November 2014 hingga 20 November 2015 saja. Pemilihan suara dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional negara-negara dunia serta representasi media internasional pilihan France Football.

Pemilihan suara digelar sepanjang 26 Oktober 2015 hingga 20 November. Per 30 November, FIFA dan France Football bakal mengumumkan daftar calon yang telah dikerucutkan menjadi tiga finalis saja.

Dominasi Barcelona dan Real Madrid

Ada enam Cules, sebutan buat fans atau pemain Barca, masuk daftar kandidat: Lionel Messi, Andres Iniesta, Javier Mascherano, Neymar, Ivan Rakitic, dan Luis Suarez.

Keenam personel tadi memang menjadi bintang di perjalanan hebat Blaugrana sepanjang 2014/15. Terutama trio MSN (Messi, Suarez, Neymar) yang berkontribusi 122 gol sepanjang musim pamungkas!

Mengawali 2015/16 pun, Barca sukses menambah satu trofi lagi: Piala Super Eropa. Blaugrana menang tipis 5-4 melawan juara Liga Europa musim lalu yang juga berasal dari Spanyol, Sevilla.

Barca melepas satu titel dari lemari trofi saat mereka tak terduga kalah dengan agregat telak 1-5 dari dua laga perebutan trofi Piala Super Spanyol melawan Athletic Bilbao.

Keenam bintang Barca ini ditemani lima Madridista, sebutan buat fan atau para pemain Real Madrid. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Gareth Bale, James Rodriguez, dan Toni Kroos.

Madrid memang sama sekali tak meraih satu gelar pun di akhir musim 2014/15 alias pengujung era kepelatihan Carlo Ancelotti. Namun, panel penilai dari FIFA dan France Football sepertinya melihat performa individual kuintet Madrid ini layak membuat mereka masuk daftar.

Sebut saja performa trio BBC (Bale, Benzema, Ronaldo). Ronaldo misalnya, masih mampu membuat 48 gol di akhir La Liga 2014/15 yang menjadi musim tertajamnya.

Dia juga baru saja menjadi raja gol sepanjang masa Real Madrid melewati rekor sang legenda, Raul Gonzalez. Benz tengah produktif dengan kontribusi 21 gol dan 12 assist dalam 5 partai di semua kompetisi.

Bale berjasa membantu mengantarkan negaranya, Wales, lolos ke putaran final Euro Prancis 2016. Siapa pemain yang bakal berstatus terbaik dunia pada 2015?

Harus menunggu hingga 11 Januari 2016 saat FIFA secara resmi mengumumkan sang pemenang di Zurich Kongresshaus, Swiss. Kendati demikian, sulit melihat ada pemain selain dari dua raksasa La Liga ini yang punya potensi meraih titel tersebut.

Penulis: Rizki Indra Sofa


Editor :
Sumber : Harian BOLA, 21 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X