Barca Cuma Bisa Belanja 10 Juta Euro pada Januari

By Suryo Wahono - Selasa, 13 Oktober 2015 | 05:52 WIB
Luis Enrique butuh pengganti Pedro Rodriguez sebagai pelapis trio MSN.
Getty Images
Luis Enrique butuh pengganti Pedro Rodriguez sebagai pelapis trio MSN.

FC Barcelona tidak akan bisa berbuat banyak di bursa transfer Januari 2016. Sebab, pada jendela transfer pada pekan pertama 2016 itu Barcelona hanya boleh mengeluarkan dana sebesar 10 juta euro.

Pembatasan untuk Barca itu bukan datang dari FIFA (larangan transfer akan habis pada Januari 2016), melainkan dari UEFA Financial Fair Play. Aturan regional tersebut dibuat pada 2013 untuk mencegah klub berlebihan dalam belanja pemain dibandingkan dengan pendapatan.

Pada Juni 2015, utang Barcelona mencapai sekitar 328 juta euro, menurut data Deloitte yang dilansir oleh Sport.es. Untuk mematuhi aturan ini, jatah transfer mereka dikurangi 15 persen (50 juta euro) sepanjang perjalanan musim ini.

Dengan pembatasan ini, Barcelona tidak akan bisa membuat perubahan cukup besar di bursa musim dingin. Mereka akan mendaftarkan Arda Turan dan Aleix Vidal dulu baru mencari pemain baru, tetapi plafon dibatasi hanya 10 juta euro.

Jika menghabiskan lebih dari angka itu, posisi Barca bisa dalam bahaya. Kendati begitu, ada celah soal potensi pemasukan hak penamaan stadion lewat proyek Espai Barca. Bila rencana itu berjalan, artinya Barcelona bisa belanja dengan bujet lebih besar.

Jadi, kedatangan pemain baru kemungkinan besar bukan dari level atas atau berharga tinggi. Mereka harus mencari pemain yang tertarik bergabung ke Camp Nou, tetapi tidak membebani biaya, sehingga langkah logis yang bisa dipilih adalah meminjam pemain seperti kasus Edgar Davids pada 2004. Opsi pinjaman bisa saja disertai kemungkinan membeli pada akhir masa pinjaman.

Yang jelas, sementara ini Luis Enrique butuh menggantikan Pedro sebagai pelapis trisula MSN. Noltio tadinya salah satu target yang difavoritkan. Akan tetapi, pemain Celta Vigo itu punya klausul pelepasan sebesar 18 juta euro, kemahalan delapan juta untuk bujet Barca di bursa tengah musim.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Sport.es


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X