Koeman Jadi Misionaris Belanda di Southampton

By Okky Herman Dilaga - Rabu, 2 September 2015 | 01:04 WIB
Virgil van Dijk, pemain Belanda ketiga yang diboyong Southampton pada 2015.
Saintfc.com
Virgil van Dijk, pemain Belanda ketiga yang diboyong Southampton pada 2015.

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi seseorang untuk memajukan sepak bola negaranya. Mungkin, misi tersebut yang kini sedang diemban oleh manajer Southampton, Ronald Koeman.

Hal itu terlihat aktivitas transfer Southampton ketika mendatangkan Virgil van Dijk dari Celtic. Van Dijk diboyong dengan harga 11,5 juta poundsterling (sekitar 248 miliar rupiah) dan diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Pemain 24 tahun itu menjadi Belanda ketiga yang didatangkan Ronald Koeman ke St Mary sepanjang tahun 2015. Sebelumnya, Koeman sukses menciptakan aroma Belanda di skuat Soton setelah mendatangkan Marteen Stekelenburg dan Jordy Clasie.

Akan tetapi, dari ketiga nama tersebut hanya Stekelenburg dan Clasie yang pernah membela tim nasional senior De Oranje. Untuk Van Dijk, kariernya tertahan di timnas Belanda U-21.

Mungkin kehadiran pemain yang memiliki darah Suriname dari ibu kandungnya itu, kini menjadi salah satu misi Koeman untuk memajukan sepak bola Belanda.

Sejak memperkuat Celtic pada tahun 2013-2015, Van Dijk sukses tampil dalam 76 laga dan mencetak sembilan gol.

Penampilan apiknya di jantung pertahanan Celtic sukses membawa klub asuhan Ronny Deila meraih gelar Liga Primer Skotlandia dalam dua musim berturut-turut (2013-2014 dan 2014-2015) dan Piala Liga Skotlandia 2015.

Melihat deretan prestasi tersebut, tugas Koeman nampaknya tidak terlalu sulit. Manajer 52 tahun itu cukup memainkan Van Dijk secara rutin hingga akhirnya bisa dipanggil untuk skuat Belanda bentukan Piala Eropa 2016.


Editor : Zulfirdaus Harahap
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.