Jiwa Bisnis Joko Susilo

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 31 Juli 2015 | 19:44 WIB
Joko Susilo, fokus mengelola usaha selama kompetisi Indonesia vakum.
Gatot Susetyo/Juara.net
Joko Susilo, fokus mengelola usaha selama kompetisi Indonesia vakum.

Jakarta, kini mantan pelatih Persiwa itu memilih berbisnis angkutan umum rute Malang-Yogyakarta. Awalnya, pendapatan selama melatih Persiwa ia investasikan dengan membeli truk distribusi.

“Selain mengangkut hasil pertanian dari Malang ke Jakarta, truktruk itu juga suka dipakai mengangkut material bangunan,” kata Joko.

Namun, saat ini ia memilih jenis usaha baru yang sedang disukai publik. “Dalam dua tahun terakhir, semua truk untuk usaha saya jual dan beralih ke biro perjalanan jurusan Malang-Yogyakarta,” tutur Joko.

Pengelolaan Travel Detrans dengan empat unit minibus yang dimilikinya kini dijalankan oleh putra sulung Joko, Dimas Yanuar, yang baru lulus dari Universitas Brawijaya. Sebenarnya, tahun lalu Joko juga menutup usaha cuci mobil di Jalan Imogiri Barat, Yogyakarta, karena letak yang tak strategis.

“Tempat cuci mobil itu sebenarnya ramai. Saya sudah punya banyak pelanggan. Sayang, lokasinya dekat lampu merah sehingga mengganggu lalu lintas,” tutur pelatih asal Turen, Kabupaten Malang itu.

Adapun nasib Joko Susilo di bidang kepelatihan cukup mulus. Di tengah sepak bola nasional yang vakum dan membuat banyak pelatih menganggur, Joko justru dipercaya menangani tim Pra-PON Papua.

Sejak Februari, ia mengaku telah menggembleng tim tersebut. Namun, pada awal Juli pemusatan latihan daerah dihentikan setelah hubungan Asprov Papua dan KONI Papua memanas.

“Akhir Juli ini penentuan saya di tim Pra-PON Papua. Jika mereka masih menginginkan saya, tim akan jalan terus. Kalau tidak, ya berhenti di tengah jalan. Namun, saya ingin gaji dua bulan yang tertunggak harap diselesaikan,” ujarnya.

Gatot Susetyo


Editor :
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.