30 Juli: Inggris Juara PD 1966

By Theresia Simanjuntak - Kamis, 30 Juli 2015 | 00:15 WIB
Inggris di Piala Dunia 1966
Fifa.com
Inggris di Piala Dunia 1966

Inggris memenangi Piala Dunia untuk pertama kalinya sekaligus terakhir kalinya sampai saat ini dengan mengalahkan Jerman Barat 4-2 di Wembley pada 30 Juni 1966.

Tim Tiga Singa sempat unggul 2-1 berkat gol Geoff Hurst (18’) dan Martin Peters (78’), sementara pencetak gol pertama Jerman Barat adalah Helmut Haller (12’).

Inggris, yang menjadi tuan rumah PD 1966, dipaksa memainkan babak tambahan gara-gara Wolfgang Weber sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-89. Hurst menjadi pahlawan Inggris karena mencetak dua gol di tambahan waktu, yakni pada menit ke-101 dan 120.

Sampai saat ini, gol kedua Hurst masih menjadi perdebatan. Ada yang menilai bola hasil tembakan Hurst yang sempat membentur mistar lebih dulu sesungguhnya belum melewati garis gawang. Gol kontroversial itu mendapat julukan “The Wembley Goal”.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA edisi Kamis (30 Juli)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.