Kisah Kapten Terhebat Argentina Sepanjang Masa (1)

By Indra Citra Sena - Selasa, 7 Juli 2015 | 23:39 WIB
Oscar Ruggeri, menyandang predikat kapten timnas Argentina sewaktu menjuarai Copa America 1991 dan 1993.
Getty Images
Oscar Ruggeri, menyandang predikat kapten timnas Argentina sewaktu menjuarai Copa America 1991 dan 1993.

Lionel Messi bergelimang prestasi di level klub, tapi terpuruk di level tim nasional. Meski berstatus sebagai salah satu pesepak bola terbaik sejagat plus ban kapten yang melingkar di lengannya, La Pulga tetap tak sanggup mempersembahkan trofi buat Argentina.

Situasi Messi berbanding terbalik dengan bek Argentina era 1990-an, Oscar Ruggeri. Dia bisa dibilang tidak terlalu menonjol di level klub, tetapi mampu mengantarkan Tim Tango merengkuh empat gelar bergengsi, yaitu Piala Dunia 1986, Copa America 1991, Piala Konfederasi 1992, dan Copa America 1993.   

Pada tiga kejuaraan yang disebut terakhir, Ruggeri bahkan berperan sebagai kapten. Pria kelahiran Rosario itu pun menjadi  pesepak bola Argentina pertama dan satu-satunya yang sukses mengangkat trofi kejuaraan antarnegara dalam waktu tiga tahun beruntun.

Saat berada di atas lapangan, Ruggeri terkenal tangguh dalam menghalau serangan lawan, terutama bola-bola atas. Kemampuan tersebut membuat ia mendapatkan julukan El Cabezon yang berarti Si Kepala Besar.

Sepanjang karier di Argentina, Ruggeri telah melahap 97 pertandingan dan mencetak 7 gol. Dia memutuskan gantung sepatu beberapa saat setelah Tim Tango kalah 2-3 dari Rumania di babak 16 besar Piala Dunia 1994.

Berikutnya>>


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Harian BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.