Klub Kembali Royal, Pamor Serie A Terangkat?

By Firzie A. Idris - Kamis, 2 Juli 2015 | 09:50 WIB
Geoffrey Kondogbia, pimpin deretan pemain mahal gabung ke Serie A.
@inter
Geoffrey Kondogbia, pimpin deretan pemain mahal gabung ke Serie A.

Pada awal 1990-an, Serie A sempat menjadi destinasi semua pemain sepak bola di dunia untuk meraih kejayaan dan uang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir kompetisi sepak bola tertinggi di Italia itu sempat meredup.

Kondisi tersebut merupakan imbas dari krisis ekonomi yang juga dialami sebagian besar negara-negara Eropa daratan. Terlebih, kemunduran ini juga adalah dampak dari kesalahan klub-klub Serie A dalam berinvestasi.

Sebelum tahun 2000, klub-klub Serie A terlalu fokus membangun timnya dengan mendatangkan para pemain terbaik dari seluruh dunia. Arus deras tersebut berhasil membuat Liga Italia megah karena bertabur bintang.

Klub-klub semisal Juventus, AC Milan, Internazionale, AS Roma, Lazio, Parma, Fiorentina, Sampdoria, Udinese, hingga Bologna memiliki pemain bintang dunia. Hal ini membuat kompetisi berlangsung panas, ketat, dan tentunya seru.

Tetapi dalam beberapa musim terakhir, pemandangan tersebut sulit terlihat di Serie A. Klub-klub seperti macan ompong di kompetisi antarklub Eropa, beberapa di antaranya mengalami kebangkrutan, dan para pemain berkualitas pun seakan enggan untuk menjadikan Italia sebagai tempatnya bermain.

Klub-klub Serie A tidak lagi memiliki dana melimpah dan hanya bisa mendatangkan pemain 'kelas dua' atau mantan bintang yang kemampuannya sudah mulai memudar. Miroslav Klose, Jeremy Menez, Diego Lopez, Alex Dias da Costa, dan Nemanja Vidic menjadi deretan pemain papan atas yang bergabung dengan Serie A dengan status bebas transfer setelah masa keemasan mereka lewat.

Selain mendatangkan pemain gratisan, berbagai intrik untuk mendatangkan pemain seperti meminjam terlebih dahulu atau kepemilikan bersama menjadi hal yang biasa terjadi di Italia.

Kebangkitan Finansial

Kini kondisi tersebut secara perlahan kini mulai dibenahi. Masuknya beberapa investor seperti Erick Thohir bersama Inter dan Bee Taechaubol di Milan membuat kedua klub tersebut kini mulai menggeliat di bursa transfer.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.