Dovizioso: Kami Cepat di Lintasan Kering, tetapi Kesulitan di Lintasan Basah

By Delia Mustikasari - Sabtu, 1 Juli 2017 | 14:18 WIB
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, berada di pit saat menjalani sesi latihan bebas hari pertama GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (30/6/2017).
ROBERT MICHAEL/AFP PHOTO
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, berada di pit saat menjalani sesi latihan bebas hari pertama GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (30/6/2017).

ERNSTTHAL, JUARA.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, menjadi yang tercepat pada hari pertama GP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jumat (30/6/2017).

Dovizioso mencatat putaran terbaik 1 menit 21,599 detik pada sesi latihan bebas pertama (free practice 1/FP1). Dia unggul 0,038 detik dari Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang menjadi pebalap tercepat kedua.

"Saya sangat senang dengan hasil pada sesi latihan pertama. Pada sesi pagi, kami cepat di lintasan kering. Namun, kami mengalami kesulitan saat memacu motor di lintasan basah seperti saat di Sirkuit Assen," kata Dovizioso.

Sesi latihan bebas kedua (free practice 2/FP2) tidak dihitung karena berlangsung di lintasan yang basah setelah Sirkuit Sachsenring diguyur hujan. Dovizioso menyelesaikan sesi tersebut dengan menempati posisi ketujuh.

"Di Sirkuit Assen kami kesulitan dengan cengkeraman ban belakang, di sini kami berjuang dengan cengkeraman ban depan. Dulu, ini tidak terjadi, tetapi tidak jelas apakah itu dari motor atau ban. Untungnya kami mampu memperbaiki situasi dan pada akhir (FP2) saya cepat, tetapi feeling saya belum 100 persen seperti di masa lalu," tutur Dovizioso.

Musim ini, Sirkuit Sachsenring diaspal ulang. Karena itu, FP1 dan FP2 GP Jerman digelar 55 menit atau 10 menit lebih lama dari waktu biasanya agar pebalap bisa mencoba aspal baru di Sachsenring.

Michelin menawarkan tambahan empat ban depan dan empat ban slick yang bisa dipilih masing-masing pebalap. Dovizioso memilih 3 ban slick untuk ban belakang.

"Perbedaannya sangat kecil, kami tidak mengharapkan ini. Kami tidak bisa membuat banyak putaran, jadi kami belum bisa memastikannya, tapi bannya bagus, jadi saat ini situasinya baik-baik saja," tutur pebalap berusia 31 tahun ini.

Dovizioso mengakui bahwa pada sesi pagi, ban bagian depan berputar pada batasnya karena sisi ban sebelah kanan sulit untuk menciptakan suhu yang tepat. 

Akibatnya, pada akhir sesi banyak pebalap mengalami kecelakaan saat melewati tikungan 11.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : crash.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X