Data dan Fakta Seputar MotoGP Jerman

By Kamis, 29 Juni 2017 | 14:22 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangan pada balapan GP Jerman di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Minggu (17/7/2016).
ROBERT MICHAEL/AFP PHORO
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangan pada balapan GP Jerman di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Minggu (17/7/2016).

ERNSTTHAL, JUARA.net - Akhir pekan ini, persaingan para pebalap MotoGP 2017 akan memasuki seri kesembilan. GP Jerman akan berlangsung di Sachsenring pada 30 Juni-2 Juli.

Tahun ini merupakan kali ke-79 Grand Prix motor akan digelar di tanah Jerman, terhitung sejak masih ada Jerman Barat dan Jerman Timur.

Sejak bersatu, Jerman setiap tahun selalu menjadi tuan rumah Grand Prix. Sejak 1991 hingga 1994, GP Jerman digelar di Hockenheimring.

Tiga tahun berikutnya, Nurburgring yang menjadi tuan rumah. Lalu sejak 1998, Sachsenring baru (dulu merupakan sirkuit jalan raya) jadi tempat digelarnya persaingan kejuaraan dunia balap motor.

Sebelum persaingan akhir pekan ini dimulai, berikut beberapa fakta dan data menarik seputar GP Jerman yang layak untuk disimak.

- Sachsenring awalnya hanya sepanjang 3,508 km. Perubahan besar dilakukan pada 2001, lalu ada lagi pada 2003. Panjang sirkuit saat ini adalah 3,671 km.

- Sachsenring merupakan salah satu dari hanya lima sirkuit dalam kalender Grand Prix yang miliki arah berlawanan dengan putaran jarum jam. Empat lainnya adalah Circuit of The Americas (COTA) di Austin, Sirkuit MotorLand Aragon, Sirkuit Phillip Island di Australia, dan Sirkuit Ricarco Tormo di Valencia.

- Tahun ini merupakan kali ke-20 secara beruntun Sachsenring menjadi tuan rumah Grand Prix, sejak 1998.

Baca juga:

- Hasil terbaik yang diraih pebalap Jerman sejak 1998 pada kelas premier adalah ketika Stefan Bradl finis di urutan keempat pada MotoGP 2013.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : MotoGP.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.