5 Fakta Penting dari Mendiang Nicky Hayden

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 23 Mei 2017 | 16:00 WIB
Pebalap Amerika Serikat, Nicky Hayden, merayakan keberhasilan menjadi juara dunia MotoGP 2006, 29 Oktober 2006.
JAVIER SORIANO/AFP PHOTO
Pebalap Amerika Serikat, Nicky Hayden, merayakan keberhasilan menjadi juara dunia MotoGP 2006, 29 Oktober 2006.

Di balik popularitasnya sebagai juara dunia MotoGP 2006, bagi sebagian orang yang mengenal, Nicky Hayden adalah sosok pebalap ramah dan bersahabat.

Sifat inilah yang kemudian dikenang oleh keluarga, para sahabat, serta rival-rival Hayden termasuk pebalap Spanyol, Maverick Vinales.

Meski cuma sempat bersaing dengan Hayden selama dua musim, Vinales menyebut pebalap berjulukan The Kentucky Kid itu sebagai salah satu teman terbaik.

Berikut lima fakta menarik dari mendiang Hayden yang menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia, Senin (22/5/2017) sore, setelah berjuang selama lima hari pasca-mengalami kecelakaan saat menjalani latihan sepeda di Rimini, Italia.


Ekspresi Nicky Hayden saat mengakhiri balapan di MotoGP Spanyol dan memastikan diri keluar sebagai juara dunia 2006.(DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

1. Pebalap motor Amerika Serikat (AS) terakhir yang menjadi juara dunia pada kelas premier

Hingga akhir masa hidupnya, Hayden adalah pebalap motor AS terakhir yang mampu meraih gelar juara dunia pada kelas premier.

Titel itu dia dapat pada ajang MotoGP 2006 dengan mengalahkan Valentino Rossi (Italia).

Sebelum Hayden, pebalap-pebalap Negeri Paman Sam yang tercatat sebagai juara dunia kelas premier ialah Kenny Roberts Sr, Freddie Spencer, Eddie Lawson, Wayne Rainey, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts Jr.


Valentino Rossi (kiri) dan Nicky Hayden sedang berbincang-bincang menjelang sesi latihan bebas MotoGP di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, 20 Maret 2014.(AFP/KARIM JAAFAR)


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X