Ini Rekor Unik Hayden yang Mungkin Disamai Rossi

By Arief Kurniawan - Jumat, 19 Mei 2017 | 14:48 WIB
Valentino Rossi (depan) dan Nikcy Hayden saat bertarung sepanjang musim 2006 hingga seri pamungkas. Hayden akhirnya keluar sebagai juara dunia.
JAVIER SORIANO/AFP
Valentino Rossi (depan) dan Nikcy Hayden saat bertarung sepanjang musim 2006 hingga seri pamungkas. Hayden akhirnya keluar sebagai juara dunia.

Nicky Hayden kini sedang didoakan banyak orang karena mengalami kerusakan otak menyusul kecelakaan saat ia bersepeda dan ditabrak seseorang di Italia. Valentino Rossi adalah orang yang paling iba melihat mantan rekan setim sekaligus rivalnya tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa sesungguhnya Hayden punya rekor unik yang mungkin saja disamai Rossi musim ini?

Tahun 2006 sesungguhnya Hayden bukanlah favorit untuk menjadi juara dunia MotoGP. Rossi-lah yang jadi favorit, karena sebelumnya dia adalah juara dunia lima kali.

Namun di awal musim Hayden sangat konsisten. Dia senantiasa memimpin klasemen, di mana Rossi yang walaupun kerap menang tapi gagal berada di posisi teratas perolehan poin karena dia kerap gagal finis pula.

Nah, rekor unik Hayden itu adalah dia memimpin klasemen sementara pebalap selama tujuh balapan pertama walau tak pernah sekali pun memenangi balapan.

Dari tujuh balapan itu Hayden jadi runner-up tiga kali, posisi ketiga juga tiga kali, dan sekali finis di posisi keempat. Poin Hayden hingga tujuh seri itu adalah 119, sementara di posisi dua Loris Capirossi 99, dan Rossi 90.

Baca Juga: Harry Kane Ingin Cetak Empat Gol Lagi

Hayden baru memenangi balapan pada seri kedelapan di Assen, Belanda. Dan setelah itu ia tetap konsisten hingga dinobatkan jadi juara dunia 2006.

Tahun ini, sampai seri keempat di Jerez, Spanyol, lalu Rossi memimpin klasemen juga tanpa bekal kemenangan satu pun. Kalau disuruh memilih, Rossi pasti ingin memimpin perolehan poin tapi juga sekaligus pernah memenangi balapan.

Akan tetapi Rossi pun secara teori masih bisa menyamai rekor unik Hayden tersebut. Dan ini bisa dimulai pada akhir pekan ini di Le Mans, Prancis.

Syaratnya, Rossi mesti finis di depan Maverick Vinales dan Marc Marquez. Itu lebih ideal jika Rossi jadi runner-up. Kalau Dani Pedrosa menang, Rossi minimal mesti naik podium dan Vinales atau Marquez tetap finis di bawah Rossi.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Dari Berbagai Sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.