TOPIK TERPOPULER
Winglet di motor Andrea Iannone (kiri) dan Pol Espargaro, dibutuhkan di COTA.
@motogp
Winglet di motor Andrea Iannone (kiri) dan Pol Espargaro, dibutuhkan di COTA.

Suzuki dan KTM Coba Winglet di GP Americas

AUSTIN, JUARA.net - Setelah ramai diributkan dan hanya dicoba saat tes pramusim, winglet akhirnya muncul di Circuit of The Americas. Suzuki dan KTM adalah dua tim yang memperkenalkan sayap internal di fairing motor mereka pada latihan bebas GP Americas.

Winglet yang digunakan Suzuki adalah sama dengan apa yang mereka pernah uji coba saat tes pramusim di Phillip Island, Australia. Andrea Iannone menjadi penguji utama sayap itu pada free practice Jumat (21/4).

Dampaknya? Iannone memang hanya menempati posisi 10, tapi pebalap Italia ini membuat salah satu waktu terbaik, tepatnya di Sektor 1, dengan catatan 34,941 detik. Iannone lebih baik dari Marc Marquez dan Maverick Vinales di sektor pembuka dari empat sektor itu.

COTA yang berliku dan memiliki kontur yang naik-turun, plus beberapa tikungan cepat dengan pengereman tajam, memang membutuhkan downforce tambahan agar motor punya grip bagus dan stabil di tikungan. Sektor 1 adalah bagian paling berliku ketimbang tiga sektor lain, dan di jenis lintasan seperti ini winglet diperlukan. Di situlah Suzuki unggul. 

KTM memperlihatkan winglet berbeda dari apa yang pernah mereka uji. Pabrikan Austria yang dibela oleh Bradley Smith dan Pol Espargaro ini ingin memaksimalkan sayap internal itu agar mampu mendapatkan lap time bagus di COTA.

KTM boleh mengembangkan model sayap sebanyak mungkin karena mereka adalah tim pendatang baru di MotoGP. Sementara Suzuki, dan juga empat pabrikan lain yakni Honda, Yamaha, Ducati, dan Aprilia, hanya boleh sekali merevisi sayap internal yang sudah mereka daftarkan.

TOPIK :

Komentar