Balapan MotoGP Qatar Kemungkinan Digeser ke Siang Hari

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 25 Maret 2017 | 10:17 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo (depan), memimpin balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (20/3/2016).
KARIM JAAFAR/AFP PHOTO
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo (depan), memimpin balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (20/3/2016).

Balapan seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini, berpeluang digeser ke siang hari. Hal itu tidak lepas dari keinginan para pebalap untuk menjalani balapan yang lebih aman.

MotoGP Qatar musim ini telah menyelesaikan tiga sesi latihan dalam kondisi lintasan kering. Namun, kecemasan akan terjadinya hujan mencuat seiring hujan deras yang turun seusai sesi latihan bebas ketiga, Jumat (24/3/2017) malam waktu setempat.

Perubahan waktu balapan MotoGP Qatar akan diputuskan pada menit-menit akhir, dengan catatan salah satu sesi latihan hari ini digelar dalam kondisi lintasan basah dan para pebalap menganggap tidak aman untuk memacu motor dalam kecepatan tinggi dengan daya lihat terbatas.

Jika sesi latihan keempat MotoGP yang dijadwalkan Sabtu (25/3/2017) pukul 19.55 waktu setempat atau 23.55 WIB diiringi hujan, para pebalap akan mendiskusikan situasi terkini guna mencapai kata sepakat terkait waktu balapan.

Satu bulan lalu, kubu Dorna yang diwakili mantan pebalap MotoGP Loris Capirossi dan Franco Uncini, melakukan tes dalam kondisi lintasan basah dan hujan.

Capirossi dan Uncini sama-sama menilai bahwa balapan dalam situasi seperti itu di Qatar masih memungkinkan. Mereka mengaku tidak mengalami masalah dengan penglihatan.

Kendati begitu, para pebalap tetap belum bisa yakin dengan argumen yang disampaikan Capirossi dan Uncini.

Pada GP Qatar 2009, balapan MotoGP terpaksa ditunda pada hari Senin karena hujan badai yang menerjang Sirkuit Losail pada Minggu malam.

MotoGP Qatar tercatat pernah menggelar balapan siang hari yakni pada periode 2004 sampai 2007. Waktu balapan kemudian diganti menjadi malam hari pada 2008 hingga sekarang.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.