TOPIK TERPOPULER
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, seusai menyelesaikan sesi kualifikasi GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Sabtu (15/7/2017). Vettel memulai balapan dari urutan ketiga.
BEN STANSALL/AFP PHOTO
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, seusai menyelesaikan sesi kualifikasi GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Sabtu (15/7/2017). Vettel memulai balapan dari urutan ketiga.

Vettel: Kecepatan Mercedes pada Sesi Kualifikasi Merupakan 'Gamechanger'

SILVERSTONE, JUARA.net - Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menilai kecepatan tim Mercedes pada sesi kualifikasi adalah sebuah "gamechanger" alias pengubah hasil.

Mercedes sukses meraih posisi finis 1-2 pada GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (16/7/2017). Pebalap tuan rumah, Lewis Hamilton, memenangi lomba setelah tampil dominan sejak start dari posisi pole, sedangkan Valtteri Bottas menjadi runner up.

Sementara itu, Vettel yang hingga lap ke-50 berada di posisi ketiga, hanya bisa finis di urutan ketujuh. Hasil ini didapat Vettel setelah ban kiri depannya pecah sehingga terpaksa melakukan pit stop menjelang lap ke-51.

Hamilton yang mendapat tambahan 25 poin kini mengancam posisi Vettel sebagai pimpinan klasemen. Hingga GP Inggris, Hamilton cuma tertinggal satu poin dari Vettel.

Hamilton mengumpulkan 176 poin, sedangkan Vettel mengoleksi 177 poin. Padahal, sebelum balapan di Sirkuit Silverstone dimulai, selisih poin Vettel dengan Hamilton masih 20.

"Mungkin benar bahwa pada beberapa balapan terakhir Mercedes sedikit lebih kuat, tetapi saya pikir pengubah hasil sesungguhnya ialah kualifikasi," ujar Vettel yang dilansir Motorsport, Senin (17/7/2017).

"Mereka mampu meningkatkan daya mesin, mereka menaikkan selisih waktu antara 0,3 dan 0,6 detik di depan kami secara beruntun. Di Baku, selisihnya 0,7 detik, di Austria sekitar setengah detik," kata Vettel lagi.

Dari 10 seri balap yang sudah digelar, Mercedes memang tampil superior pada sesi kualifikasi. Tim berjulukan "The Silver Arrow" ini berhasil meraih posisi pole pada delapan seri balap, termasuk GP Inggris kemarin.

Sebaliknya, terakhir kali Ferrari meraih posisi pole ialah pada GP Monako, Mei lalu. Namun begitu, Vettel mengaku tetap puas dengan performa Ferrari secara keseluruhan.

"Tahun lalu, kami sangat-sangat jauh tertinggal. Tahun ini, kami hampir selalu bisa mengimbangi Mercedes," ucap Vettel.

"Kami harus tidak melupakan dari mana kami memulai ini. Kami berhasil mendapatkan langkah paling besar dibanding tim-tim lain," kata juara dunia Formula 1 (F1) empat kali itu.

Vettel dan para pebalap F1 lain akan kembali ke sirkuit untuk menjalani seri balap ke-11 di Hungaria, 28-30 Juli mendatang.

Musim lalu, Vettel menyelesaikan balapan GP Hungaria di Hungaroring di urutan keempat.

TOPIK :

Komentar