Raih 'Pole Position' GP Kanada, Hamilton Samai Ayrton Senna

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 11 Juni 2017 | 03:23 WIB
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, menjalani sesi latihan ketiga GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Sabtu (10/6/2017).
AFP/CLIVE MASON
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, menjalani sesi latihan ketiga GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Sabtu (10/6/2017).

Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, mengunci posisi start terdepan balapan GP Kanada setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualfikasi di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Sabtu (10/6/2017).

Bagi Hamilton, ini adalah kali ke-65 dia meraih pole position. Catatan itu menyamai jumlah pole position milik pebalap legendaris Formula 1 (F1) asal Brasil, Ayrton Senna.


Persaingan 10 menit sesi kualifikasi ketiga (Q3) hanya diikuti 10 pebalap tercepat yang lolos dari eliminasi pada kualifikasi pertama (Q1) dan kedua (Q2).

Pada Q3, Hamilton mencatatkan putaran tercepat 1 menit 11,459 detik. Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (Jerman), mengunci posisi kedua start setelah menorehkan waktu 1 menit 11,789 detik.

Sementara itu, posisi ketiga dan keempat masing-masing akan ditempati Valtteri Bottas (Mercedes, Finlandia) dan Kimi Raikkonen (Ferrari, Finlandia).


Tak butuh waktu lama bagi Hamilton untuk menjadi pebalap tercepat. Ia meraih status tersebut saat Q3 baru berlangsung tiga menit.

Hamilton awalnya menorehkan waktu tercepat 1 menit 11,791 detik dengan memakai ban ultrasoft. Catatan itu sudah memecahkan rekor putaran terbaik pada GP Kanada.

Enam menit kualifikasi berjalan, Vettel menempel ketat Hamilton. Ia hanya terpaut 0,004 detik dari Hamilton.


Akan tetapi, upaya Vettel tak membuahkan hasil karena secara mengejutkan Hamilton mampu menajamkan putaran waktunya menjadi 1 menit 11,459 detik!

Catatan impresif tersebut diukir Hamilton ketika kualifikasi menyisakan beberapa detik. Pebalap 32 tahun itu pun memastikan pole position ke-65 sepanjang kariernya di F1.


Editor :
Sumber : Formula 1


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X