5 Alasan Nico Rosberg Pantas Jadi Juara Dunia F1 2016

By Arief Kurniawan - Jumat, 14 Oktober 2016 | 16:55 WIB
Pebalab F1 dari tim Mercedes AMG Petronas, Nico Rosberg, saat perayaan keberhasilan di Formula One di Suzuka Jepang (9/10/2016).
TOSHIFUMI KITAMURA / AFP
Pebalab F1 dari tim Mercedes AMG Petronas, Nico Rosberg, saat perayaan keberhasilan di Formula One di Suzuka Jepang (9/10/2016).

Formula 1 memasuki fase akhir dan Nico Rosberg unggul 33 angka atas Lewis Hamilton. Bisakah Rosberg menjadi juara dunia mengikuti jejak ayahnya, Keke, pada 1982? Inilah lima alasan kenapa pebalap Jerman berusia 31 tahun tersebut sangat bisa dan pantas meraihnya.

Pertama: Koleksi 9 kemenangan
Musim ini Nico Rosberg sudah memenangi sembilan balapan dan belum pernah dalam sejarah F1 ada pebalap yang gagal jadi juara setelah menang sebanyak itu.

Pebalap yang gagal menjadi juara dunia dengan koleksi kemenangan terbanyak adalah Michael Schumacher (7, tahun 2006), Kimi Raikkonen (7, 2005), dan Alain Prost (7, 1984 dan 1988).

Kedua: Cukup Finis Kedua
Dengan berselisih 33 poin, Rosberg cukup finis di urutan kedua di setiap seri walau Hamilton memenangi keempat balapan di Amerika, Meksiko, Brasil, dan Abu Dhabi tersebut.

Selisih poin antara pemenang dan runner-up adalah 7 (25-18) dan berbekal konsistensinya sepanjang musim ini, bukan hal sulit bagi Rosberg untuk selalu berada di posisi dua karena karakter semua sirkuit tersisa di musim ini sangat menunjang bagi Nico untuk meraih impiannya tersebut.

Ketiga: Ketenangan
Rosberg dan Hamilton adalah teman baik, namun mereka sempat berseteru panas di akhir musim lalu. Rosberg waktu itu masih terbawa arus perselisihan hingga di luar trek.

Musim ini, walau masih ada pertengkaran di antara keduanya, Rosberg tak sampai membawanya ke ranah pers. Dia tak meladeni wartawan untuk terlibat perang urat syaraf dengan Hamilton seperti tahun lalu.

Perubahan sikap ini membawanya ikut tenang tampil di trek. Bayangkan, Rosberg yang sempat unggul 43 angka tidak panik ketika sebelum libur musim panas dia balik tertinggal 19 poin.

Selepas liburan, Rosberg tampil sangat dingin dengan memenangi empat dari lima balapan dan kini malah kembali unggul 33 angka.

4. Mercedes yang Tangguh
Faktor teknis tentu tak bisa dilepaskan dari sukses seorang juara dunia F1. Begitu juga dengan Rosberg di musim ini.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X