GP Malaysia dalam Angka

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 28 September 2016 | 07:07 WIB
Pebalap Mercedes AMG Petronas F1, Lewis Hamilton, memimpin jalannya balapan sesaat setelah melakukan start pada GP Malaysia di Sirkuit Sepang, 29 Maret 2015.
VINCENT THIAN/AFP PHOTO
Pebalap Mercedes AMG Petronas F1, Lewis Hamilton, memimpin jalannya balapan sesaat setelah melakukan start pada GP Malaysia di Sirkuit Sepang, 29 Maret 2015.

Seri balap Formula 1 (F1) ke-16, GP Malaysia, siap digelar pada 30 September-2 Oktober 2016. Balapan di Sirkuit Sepang ini merupakan penyelenggaraan ke-17.

Selama 17 kali menggelar balapan F1, Sepang telah merekam banyak memori. Terkini, dua rekor ganda yang ditorehkan pebalap Jerman, Sebastian Vettel.

Pada balapan musim lalu, Vettel sukses mencatatkan namanya sebagai pebalap dengan kemenangan paling banyak pada GP Malaysia, yakni empat kali.

Seiring dengan kemenangan itu, Vettel kini juga membukukan rekor lap dengan status pimpinan lomba terbanyak sepanjang sejarah, yakni 175 lap.

Berikut beberapa memori menarik GP Malaysia yang terekam dalam angka, dilansir dari situs resmi Formula 1.

1
Hingga musim ini, baru ada satu pebalap tuan rumah yang pernah mengikuti GP Malaysia. Dia adalah Alex Yoong yang membela tim Minardi pada musim 2002.

Yoong meraih posisi start ke-22 pada sesi kualifikasi. Dia sempat memperbaiki posisinya itu ke urutan ke-14 sebelum akhirnya retired
karena masalah gearbox.


Pebalap Malaysia yang membela tim Minardi, Alex Yoong (kiri), berbincang dengan pebalap Ferrari Michael Schumacher, saat mengikuti konferensi pers GP Malaysia 2002 di Sirkuit Sepang, 14 Maret 2002.(STEPHEN SHAVER/AFP PHOTO)

2
Sebelum musim 2016, GP Malaysia baru dua kali menggelar balapan pada Oktober, yakni pada musim 1999 dan 2000.

5
Ada empat pebalap yang berhasil naik podium sebanyak lima kali sepanjang partisipasi mereka pada GP Malaysia. Mereka adalah Michael Schumacher, Fernando Alonso, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Formula 1


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.