Mercedes Memiliki Keuntungan di Shanghai

By Riemantono Harsojo - Jumat, 10 April 2015 | 15:25 WIB
Pebalap tim Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, dalam sesi latihan pertama untuk Grand Prix Tiongkok 2015 di Shanghai pada Jumat 10 April.
AFP
Pebalap tim Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, dalam sesi latihan pertama untuk Grand Prix Tiongkok 2015 di Shanghai pada Jumat 10 April.

F1 Grand Prix Tiongkok adalah balapan ketiga musim ini dan kompetisi sudah tentu semakin memanas. Di Malaysia, kita melihat Ferrari datang dari belakang untuk menyalip Mercedes dan akhirnya Sebastian Vettel mampu merebut kemenangan.

Akan tetapi, mari kita lihat dahulu kondisi treknya. Meskipun sirkuit Shanghai International memiliki kesamaan seperti sirkuit Sepang di Malaysia yang merupakan desain trek modern, suhu trek tersebut tidak akan sepanas di Malaysia. Suhu di Shanghai akan lebih sejuk sekitar 20 derajat dan hal ini akan menjadi keuntungan bagi tim Mercedes Silver Arrows  dengan setup agresif  yang mereka miliki.


Pirelli akan membawa ban dengan jenis Medium dan Soft, yang merupakan kombinasi ban yang sama dengan balapan di Australia, namun sirkuit di Melbourne tidak memberikan tantangan kepada ban seperti kondisi di Shanghai. Ini berarti tingkat degradasi ban akan tinggi dan kita harus memiliki dua atau tiga pit stop selama balapan.


Tim Mercedes jelas akan tetap menjadi favorit dan bukan hanya karena suhu di Cina lebih dingin, tetapi ini adalah sirkuit di mana para pebalap tim Mercedes selalu tampil dengan baik. Nico Rosberg membawa tim Mercedes meraih kemenangan pertama mereka di era baru mereka pada tahun 2012 dan mereka juga menang di sini pada balapan tahun lalu dengan Hamilton.


Satukan semua hal ini dan saya pikir tim Ferrari tidak akan memiliki cukup peluang untuk mengulangi kemenangan mereka di Malaysia. Namun, mereka pasti akan lebih kompetitif tahun ini dan mereka akan memberikan perlawanan yang ketat, terutama pada saat balapan.


Sebastian Vettel akan tetap pada kondisi terbaiknya dan jangan heran jika dia bahkan akan membalap lebih baik di akhir pekan ini. Saya sangat ingin melihat rekan setimnya, Kimi Raikkonen, agar memiliki sesi yang lancar di akhir pekan ini, karena ia telah beberapa kali mengalami ketidakberuntungan sejauh ini dan saya pikir dia akan sangat cepat, sekali dia menemukan ritmenya.


Sedikit lebih jauh di belakang akan ada tim Williams, namun jangan meremehkan mereka di babak kualifikasi. Saya merasa mereka akan mampu menempatkan salah satu pebalap mereka di posisi empat besar, Sabtu besok.


Setelah tim Williams, barulah akan menjadi sebuah persaingan yang panas dan ramai di antara tim Red Bull, Toro Rosso, Sauber dan Lotus yang berjuang keras dalam pertempuran papan tengah. Red Bull akan berharap mereka dapat memberi kejutan dengan mesin Renault mereka dan mencoba untuk meninggalkan persaingan papan tengah dan mudah-mudahan cukup cepat untuk bertarung dengan Williams.


Jika mereka membuat kejutan yang sama di Shanghai seperti yang mereka lakukan dari Melbourne ke Sepang, siapa yang bisa bilang bahwa mereka tidak ada kesempatan!


Tim lain yang berharap bisa melakukan kejutan besar dalam performanya adalah McLaren. Meskipun mereka tidak finis di Malaysia, kedua pebalap mereka senang dengan fakta mereka telah membuat suatu kemajuan besar dengan daya pacu mereka di mana mereka bersaing ketat dengan Force India, yang pada saat di balapan Melbourne jauh meninggalkan mereka.


Editor : Alex Yoong
Sumber : Fox Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.