Cari Dana, PSSI-Promotor Cari Pemain Lewat SMS

By Frengky Aruan - Selasa, 23 Oktober 2012 | 19:44 WIB

23 untuk SEA Games 2013 di Barcelona, tidaklah sedikit. Berdasarkan berita yang berkembang, program tersebut paling tidak membutuhkan dana sekitar 30-33 miliar rupiah. Menurut Koordinator Timnas Indonesia, Bob Hippy, total dana itu sudah menutupi biaya keseluruhan program timnas yang dibuat Nine Sport Inc, selaku promotor.

Lantas dari mana dana tersebut didapatkan? Bob Hippy mengatakan, selain dari pemerintah, dana akan didapat dari program yang akan dijalankan Nine Sport Inc, selaku pihak promotor. Menurut Bob Hippy, Nine Sport Inc ingin mengadakan Timnas Idol untuk menjaring uang yang bisa membantu pembiayaan program timnas Indonesia U-23.

"Program itu seperti pencarian bakat di televisi, jadi memanfaatkan polling sms. Untuk pastinya seperti apa, kami masih menunggu tim Nine Sport Inc. Saat ini, mereka sedang ke Barcelona. Namun, PSSI sendiri sudah setuju, dalam rapat Komite Eksekutif, dua minggu lalu, PSSI sudah oke," terang Bob Hippy di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Selasa (23/10).

Menurut sebuah laporan, Timnas Idol merupakan program pemilihan pemain. Caranya, setiap pemirsa televisi akan memilih 11 pemain dan akan dikirim kepada penyelenggara Timnas Idol lewat sms. Meski sedikit aneh, proses pemilihan pemain di Timnas PSSI Idol itu sendiri tidak sembarangan. Ada materi yang tetap dilombakan seperti teknik dasar sepak bola (oper, menerima, merebut, menggiring bola, pergerakan dengan atau tanpa bola, keputusan saat dalam tekanan, dll). Selain itu, ada juga tes dalam organisasi permainan dan visi permainan.

Jika dilihat dari program persiapan timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2013 yang disusun Nine Sport Inc, program Timnas Idol kemungkinan akan dilakukan pada bulan November. Dalam brosur yang didapat Bolanews, beberapa waktu lalu, disebutkan bahwa pada bulan November terdapat tahapan mencari pemain terbaik.

Dari tahapan tersebutlah akan dipilih 30 pemain terbaik. Ke-30 pemain itu akan mengikuti pelatnas SEA Games di Barcelona dan serangkaian pertandingan persahabatan. Yang menarik, serangkaian laga persahabatan itu akan dilakukan melawan tim yang tidak sembarangan.

Pada bulan Februari atau sebulan setelah timnas tiba di Barcelona dan berlatih tanding dengan Juvenil B misalnya, timnas U-23 dijadwalkan melawan tim Spanyol di Madrid dalam laga persahabatan. Selain itu, juga akan menghadapi Hungaria sebelum akhirnya timnas ditransformasikan menjadi sebuah klub pada Maret 2013, yang akan berlaga di sebuah liga.

"Awalnya, Nine Sport Inc menginginkan timnas dirombak. Dan, program idol itu dijadikan awal pembentukan timnas. Tapi, saya dan pelatih timnas U-23, Aji Santoso tidak setuju. Jadi, pemain yang muncul dari program tersebut akan menjadi tambahan bagi skuad timnas Indonesia U-23 saat ini," jelas Bob Hippy.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.